Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi, TikTok, dikabarkan tengah bereksperimen untuk menghadirkan sedang bereksperimen dengan influencer virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) namun inovasi itu ternyata menuai kekhawatiran khususnya dari para kreator konten.

Hal itu dikarenakan pemengaruh virtual itu memiliki tugas yang sama dengan kreator konten untuk membantu promosi produk pada layanan e-commerce TikTok.

Secara singkat, teknologi itu bakal menciptakan persona selebriti digital untuk pedagang di e-commerce TikTok, mereka akan mempromosikan produk seperti iklan berdasarkan skrip dan menyimpan rekomendasi.

Baca juga: Menparekraf: Digitalisasi perluas akses pemasaran UMKM sektor ekraf

Baca juga: Dewan sekolah di Kanada gugat Meta, TikTok karena ganggu belajar siswa


Meski begitu, TikTok mengaku dalam penguji internal mereka ditemukan fakta bahwa pemengaruh virtual itu belum siap menggantikan posisi kreator konten manusia.

Para pemengaruh virtual berbasis AI itu dinyatakan belum siap mengisi waktu-waktu primetime yang biasanya digandrungi penonton dan penjualannya pun lebih sedikit dibanding kreator konten manusia.

Pada akhirnya TikTok menyimpulkan bahwa hadirnya AI berguna untuk melengkapi dan bukan menggantikan kreator konten.

Pengiklan yang akrab dengan TikTok mengatakan bahwa pemengaruh virtual itu masih dalam pengembangan awal dengan tanggal peluncuran yang belum pasti.

Bytedance, perusahaan induk Tiktok, dapat lebih menyempurnakan atau bahkan membatalkan fitur sepenuhnya.

Apabila fitur pemengaruh virtual itu diluncurkan di masa depan, TikTok nampaknya perlu lebih hati-hati dalam menavigasi sentimen pengguna.

Apalagi mengingat cukup banyak kontroversi yang dialami TikTok di beragam kawasan terbaru ialah di AS yang ingin melarang hadirnya TikTok. Demikian dilaporkan Gizmochina, Jumat (12/4).

Baca juga: TikTok perkenalkan cara menyebut konten yang dihasilkan AI

Baca juga: AI chatbot TikTok dalam tahap uji coba

Baca juga: TikTok uji coba fitur membuat "avatar" menggunakan AI

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024