Jakarta (ANTARA) - Legenda MotoGP Dani Pedrosa dan pembalap Pol Espargaro dikonfirmasi akan turun sebagai wildcard untuk tim pabrikan Red Bull KTM pada dua seri MotoGP musim ini.

Dikutip dari keterangan resmi tim, Sabtu, Pedrosa akan membalap di putaran keempat musim ini yakni Grand Prix Spanyol di Jerez pada 26-28 April. Sementara, Espargaro akan berpartisipasi di putaran ketujuh yakni MotoGP Italia di Mugello, pada 31 Mei-1 Juni.

Pedrosa, yang memukau para penggemar dengan penampilannya di Jerez dan Misano pada tahun 2023, akan kembali membalap tahun ini, di Sirkuit de Jerez Angel Nieto dalam dua pekan ke depan.

Pedrosa finis di urutan keenam dalam Sprint dan ketujuh dalam balapan setahun lalu di Jerez, melewati garis finis hanya enam detik di belakang pemenang Grand Prix.

“Saya bersenang-senang di Jerez tahun lalu dan sambutan dari para penggemar sangat luar biasa. Kita semua tahu Jerez adalah tempat yang spesial,” kata Pedrosa.

Baca juga: KTM buka peluang Pedrosa turun sebagai wildcard di MotoGP Spanyol

Pembalap yang pensiun dari MotoGP pada tahun 2018 itu mengatakan, ia bersama tim pabrikan KTM telah melakukan sesi latihan dengan motor RC16 dan yakin bisa beradaptasi dengan baik pada akhir bulan nanti.

“Bagi kami, penting juga untuk menggunakan beberapa referensi untuk pengujian kami dan memasukkannya ke dalam lingkungan balapan lagi. Inilah alasan utama untuk bersaing di tahun 2024,” ujar pembalap berusia 38 tahun itu.

Sementara itu, Espargaro, yang sedang menjalani tahun pertamanya sebagai pembalap penguji KTM, sangat ingin kembali ke salah satu sirkuit tercepat dan terindah di kejuaraan dunia MotoGP musim ini.

KTM mencetak rekor kecepatan tertinggi MotoGP saat ini pada 366.1kpm (227mph) di Mugello dan Espargaro memiliki catatan yang cukup baik.

“Sangat senang bisa balapan lagi dan terutama di Mugello, yang merupakan tempat yang sangat spesial untuk mengendarai motor MotoGP. Akan sangat menyenangkan bisa kembali ke grid bersama teman-teman,” ungkap Espargaro.

Adik kandung dari pembalap Aleix Espargaro (Aprilia Racing) itu melanjutkan, uji coba bersama KTM telah berjalan dengan baik, sehingga ia sangat termotivasi untuk kembali ke trek.

“Pengujian telah berjalan dengan sangat baik dan saya sangat termotivasi. Saya lebih seperti ‘diri saya yang dulu’ setelah cedera pada tahun 2023. Saya menantikan untuk segera kembali ke ‘keluarga’ MotoGP dan menunjukkan bahwa uji coba kami kuat dan cepat,” jelas dia.

Baca juga: Quartararo dan Rins akui kesulitan pada sesi pertama MotoGP Amerika
Baca juga: Bagnaia bertekad tebus kekalahan tahun lalu di MotoGP Amerika


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024