Dari Serang sekitar jam 11.00 WIB, sengaja lewat jalur alternatif agar tidak kena macet, ternyata sampai Padarincang itu sudah mulai macet
Serang (ANTARA) - Jalur alternatif menuju kawasan Wisata Pantai Anyer-Carita, Provinsi Banten, padat dan terjadi antrean kendaraan panjang pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4).

Pantauan di lokasi pada pukul 14.00 WIB arus lalu lintas tersendat hingga terjadi kemacetan panjang mulai dari Pantai Marbella Anyer hingga Simpang Teneng, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Baca juga: Obyek wisata di Pantai Carita ramai dipadati wisatawan 
 
Pertigaan Teneng ini merupakan pertemuan arus lalu lintas wisatawan dari Anyer dan Cinangka serta Carita, Kabupaten Pandeglang menuju Padarincang, Ciomas, Palima dan Kota Serang.
 
Warga Kota Serang, Banten, Saepudin, di Serang, Banten, Minggu, mengatakan sengaja memilih jalur alternatif menuju lokasi wisata Pantai agar terhindar dari macet.
 
"Dari Serang sekitar jam 11.00 WIB, sengaja lewat jalur alternatif agar tidak kena macet, ternyata sampai Padarincang itu sudah mulai macet," katanya.
 
Ia mengaku, terjebak kemacetan mulai dari pukul 14.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB sampai terjadi macet total di Simpang Teneng.
 
"Terjebak macet sekitar 1 Km-an, padahal kita lewat dari jalur alternatif bukan jalan kota. Tapi sampe sekarang macet tunggu agak terurai dulu baru berangkat ke pantai," katanya.

Baca juga: Telaga Sarangan masih jadi favorit liburan lebaran di Magetan
 
Sebelumnya, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, mengatakan berkaca dari momentum libur panjang saat Idul Fitri lalu, skema yang diterapkan saat itu juga sama yakni penerapan sistem one way di Jalan Lingkar Selatan (JLS).
 
"Kita menyiapkan one way di JLS untuk menuju ke Anyer, yang mana penerapan ini juga telah di lakukan sejak tahun kemarin apabila terjadi penumpukan kendaraan yang menuju ke arah wisata maupun sebaliknya," katanya.
 
Selain itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan skenario jalur alternatif yang dari Jakarta menuju Anyer melalui Serang Timur atau keluar Tol Serang Timur maka akan diarahkan melalui Jalan Pal Lima, Paburan, dan Padarincang.
 
Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer mencapai 85 ribu orang hingga H+2 Lebaran.

Baca juga: Dinas: Lokawisata Baturraden jadi primadona warga pada libur lebaran

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024