Magetan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan menyebut kawasan Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu masih menjadi destinasi wisata favorit di kabupaten ini pada libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata Disbudpar Magetan Eka Radityo, Minggu mengatakan Telaga Sarangan masih menjadi andalan yang terlihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut pada libur lebaran kali ini. Sesuai data, kunjungan wisatawan pada Sabtu (13/4) mencapai 23.911 orang.

"Kami memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan akan terus bertambah hingga Minggu (14/4) ini dengan rata-rata jumlah kunjungan sekitar 20 ribu wisatawan," ujar Eka Radityo kepada wartawan.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan di Telaga Sarangan sudah terjadi sejak libur lebaran. Saat itu, tercatat ada sekitar 3 ribu pengunjung.

Kemudian, meningkat hingga 10 ribu pengunjung pada Kamis (11/4). Lalu, melonjak drastis hingga mencapai kisaran 18 ribu hingga 20 ribu wisatawan pada Jumat (12/4) dan Sabtu (13/4).

Guna menghindari kepadatan dan kemacetan di kawasan wisata Telaga Sarangan, Pemkab Magetan berusaha mengurai dengan meminta wisatawan berkunnung ke tempat wisata lain di sekitarnya di lereng Gunung Lawu yang tak kalah seru.

"Ketika Telaga Sarangan padat, kami arahkan pengunjung untuk sementara mengunjungi tempat wisata lainnya. Seperti Telaga Wahyu, Mojosemi Park, Tamam Bunga Refugia, dan Taman Wisata Genilangit," katanya.

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Raya Sarangan-Tawangmangu yang merupakan jalur alternatif penghubung Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah pada H+3 Lebaran 2024 atau pada hari Minggu (14/4) mulai mengalami kepadatan. Jalur tersebut dipilih pemudik yang ingin kembali atau balik sekaligus mampir berwisata.

"Sempat terjadi antrean dan kepadatan kendaraan di sejumlah titik jalur tersebut, seperti di arah pintu masuk ke Sarangan. Tapi, kami sudah tambah personel untuk membantu mengurai kendaraan wisatawan," kata Kapolres Magetan AKBP Satria Permana.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemda Magetan guna mendukung kelancaran aktivitas masyarakat berwisata dan balik pada libur Lebaran 2024 kali ini.

Baca juga: Ribuan wisatawan manfaatkan diskon tiket Telaga Sarangan saat pemilu
Baca juga: Magetan tingkatkan partisipasi pemilu dengan diskon wisata ke Sarangan

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024