dari angka tersebut, 182 di antaranya penerbangan kedatangan dan 181 penerbangan keberangkatan
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, melayani sebanyak 363 penerbangan pada arus balik mudik Lebaran periode 11-14 April 2024.

Senior Manager Equipment dan ICT Bandara Hang Nadim Batam Sony Muniaga di Batam, Senin, mengatakan dari angka tersebut, 182 di antaranya penerbangan kedatangan dan 181 penerbangan keberangkatan.

Ia menyampaikan kepadatan arus balik mudik Lebaran 2024 mulai terjadi pada 14 April 2024 dengan total penerbangan mencapai 121 penerbangan.

"Umumnya kami di normal keseharian itu di sekitar 80 penerbangan. Untuk kemarin (14/4) kita ada 121 penerbangan, itu terjadi peningkatan 34,4 persen dibandingkan tahun 2023," ujar Sony.

Ia menjelaskan penerbangan dari Jakarta, Medan menjadi rute yang mendominasi arus balik mudik.

Menurut Sony, pihaknya juga memastikan pihak maskapai untuk memberikan kompensasi yang sudah menjadi hak penumpang jika terjadi penundaan atau keterlambatan penerbangan.

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 36.328 penumpang sejak masa arus balik

Baca juga: ASDP siapkan dua kapal tambahan rute Tanjunguban-Batam


Berdasarkan data arus balik mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim Batam mencatat pada Minggu (14/4) jumlah penumpang yang melalui bandara tersebut 19.648 orang.

"Catatan kami tanggal 14 April kemarin terjadi puncak kedua jumlah penumpang baik datang maupun berangkat mendekati angka 19.648 penumpang. Untuk 9.677 penumpang datang dari luar Batam dan yang berangkat 9.971 penumpang," ujar Sony.

Ia mengatakan Kota Batam bukan hanya menjadi kota asal pemudik, tetapi juga menjadi kota tujuan pemudik.

"Uniknya Batam ini, kita lihat komposisi kedatangan dan keberangkatan dia memiliki dua predikat, sebagai asal pemudik dan sebagai tujuan pemudik kalau di lihat dari angkanya berimbang," ujar dia.

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 31 penerbangan ekstra untuk arus balik Lebaran

Baca juga: Menhub: Pengalihan FIR Kepri-Natuna berdampak positif bagi Indonesia

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024