Belanda adalah investor Eropa terbesar di Indonesia
Jakarta  (ANTARA News) - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dalam rangkaian kunjungan resminya, memuji kerja sama bilateral dengan Indonesia yang telah berkembang pesat.

"Belanda adalah investor Eropa terbesar di Indonesia, dan tahun lalu perdagangan antara kedua negara naik hingga 18 persen, di luar semua tren ekonomi yang ada," kata PM Rutte di Kedutaan Belanda di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Rutte juga mengatakan, Belanda mengagumi perkembangan Ekonomi Indonesia yang dinilai pesat, karena Indonesia saat ini menikmati pertumbuhan lima tahunan hingga enam persen.

"Di Eropa kami hanya bisa memimpikan besaran angka tersebut. Indonesia saat ini sedang berada di dalam 16 besar ekonomi dunia. Pada tahun 2030 Indonesia bisa menjadi tujuh besar ekonomi dunia," ujar Rutte.

Rutte memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai prestasi yang menakjubkan, dan saat ini Indonesia sedang menulis sejarah ekonomi dunia.

"Saya sangat menghargai prestasi yang besar ini yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang intens ini," tambah Rutte.

Dengan kelas menengah yang tengah berkembang pesat di Indonesia, penurunan kemiskinan dan sejumlah institusi yang mulai memegang peranan penting juga turut membantu menciptakan iklim investasi di berbagai bidang, tambah Rutte.

"Saya juga sangat menghargai cara Indonesia menunjukkan kesediaannya untuk bertanggung jawab untuk menghadapi tantangan global yang kita hadapi sebagai anggota G20, misalnya sebagai salah satu kekuatan pendorong di belakang ASEAN," katanya.

Dalam kunjungan resminya ke Indonesia, PM Rutte tergabung dalam delegasi bisnis Belanda yang terdiri atas 110 perusahaan untuk meningkatkan peluang untuk bekerja sama dengan Indonesia.

Tiga dari 110 perusahaan Belanda yang telah beroperasi di Indonesia adalah Unilever, FrieslandCampina dan Phillips.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013