Jaka (ANTARA) -
Eksekusi penalti Khaled Ali Binsabaa membawa Qatar unggul 1-0 atas Indonesia pada babak pertama pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin malam.
 
Penalti itu diberikan wasit Nasrullo Kabirov setelah melakukan tinjauan VAR terhadap pelanggaran Rizky Ridho terhadap Mahdi Salem di kotak terlarang Indonesia pada menit ke-44, demikian dipantau melalui siaran langsung.
 
Timnas Indonesia sebenarnya mengawali pertandingan dengan cukup baik, meski tuan rumah Qatar menguasai permainan pada sepuluh menit pertama. Qatar memberi ancaman pertama melalui sepakan Moustafa Tarek yang mengenai jaring samping gawang Ernando Ari, beberapa menit berselang giliran sepakan Mahdi yang mengarah lurus ke kiper Indonesia.
 
Tim Garuda Muda bukan tanpa peluang. Dua kali skema lemparan ke dalam panjang dari Pratama Arhan mengancam gawang Qatar, kedua lemparan itu disambut oleh sundulan Muhammad Ferarri yang dua-duanya mengarah lurus ke kiper Youssef Abdullah.

Baca juga: Shin Tae-yong turunkan lima bek pada laga perdana melawan Qatar
Baca juga: Australia vs Yordania berakhir imbang 0-0 pada laga pembukaan
 
Rafael Struick bahkan memberikan ancaman berbahaya pada menit ke-39. Menguasai bola di luar kotak penalti, ia kemudian melepaskan sepakan yang membentur tiang kanan gawang Qatar.
 
Namun gawang Indonesia harus kemasukan menjelang turun minum. Wasit Nasrullo awalnya tidak menganggap benturan antara Rizky Ridho dengan Mahdi sebagai pelanggaran, tetapi ia mendapat masukan dari wasit VAR untuk melakukan peninjauan ulang, dan berujung kepada penalti untuk Qatar.
 
Daftar susunan pemain:
 
Qatar: Yousef Abdullah, Saifeldeen Hassan Fadlalla, Mohamed Emad Aiash, Alhashmi Mohialdin, Moustafa Tarek Mashal, Naif Alhadhrami, Khaled Ali Binsabaa, Abdulla Al Yazidi, Mahdi Salem Almejaba, Jasem Gaber Absulsallam, Ahmed Alrawi
 
Pelatih Ilidio Fernando Vale
 
 
Indonesia: Ernando Ari, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Rafael Struick
 
Pelatih: Shin Tae-yong

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024