Jakarta (ANTARA) - Ratusan ribu kendaraan roda empat yang memadati Tol Cikampek Utama (Cikatama) saat arus balik Lebaran 2024 menyita banyak perhatian pembaca pada kanal humaniora Antaranews.com pada Senin (15/4).
 
PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik terjadi kemarin. Kendaraan yang melintas di jalan berbayar Kalikangkung hingga Cikampek Utama didominasi dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.
 
Proses evakuasi korban longsor di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, masih berlangsung. Sebanyak tujuh rumah warga rusak dihantam runtuhan material longsor tersebut.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan 18 orang meninggal akibat bencana alam tersebut dan tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua warga yang dilaporkan hilang.
 
Berikut rangkuman berita populer humaniora selengkapnya:
 
 
Arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikatama lancar Senin dinihari
 
Arus lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama) mulai lancar pada Senin dinihari pukul 01.00 WIB saat arus balik Idulfitri 1445 Hijriah.
 
Volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Jasa Marga prediksi puncak arus balik terjadi Senin malam
 
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah terjadi pada Senin (15/4) sehingga jumlah kendaraan yang melalui tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama meningkat.
 
Kepadatan kendaraan itu terjadi karena ramainya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
KAI siagakan petugas kesehatan di stasiun LRT Jabodebek selama Lebaran
 
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiagakan petugas kesehatan di beberapa pos kesehatan selama masa posko angkutan Lebaran 2024 (5-15 April 2024) bagi penumpang yang menggunakan moda Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek.
 
Stasiun LRT Jabodebek yang menyiagakan petugas kesehatan pada posko kesehatan, di antaranya ada di Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Cawang, Stasiun Halim, Stasiun Harjamukti, Stasiun Bekasi Barat, serta Stasiun Jatimulya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
BNPB: 77 korban selamat longsor Tana Toraja berhasil dievakuasi
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 77 orang warga Makale dan Makale Selatan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan dinyatakan selamat dari bencana longsor dan sudah berhasil dievakuasi oleh tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan.
 
Laporan termutakhir dari tim Pusdalops BNPB di lokasi kejadian tercatat ada sebanyak 18 orang warga meninggal dunia akibat bencana tanah longsor yang terjadi setelah hujan deras mengguyur Tana Toraja, pada Minggu (14/4) malam pukul 19.00 WIB.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
BMKG temukan 167 titik panas tersebar di Kalimantan Timur
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan dalam pantauannya menemukan sebanyak 167 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diimbau melakukan penanganan sesuai prosedur.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024