Mamuju (ANTARA) - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para sopir dan penumpang arus balik Lebaran 2024.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya monitoring untuk memastikan kondisi kesehatan para sopir hingga penumpang agar tetap dalam kondisi prima selama arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala Biddokkes Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi dr Effri Susanto, di Mamuju, Selasa.

Pada kegiatan tersebut, personel Biddokkes Polda Sulbar tampak melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah sopir bus dan penumpang di Posko Kesehatan Biddokkes Polda Sulbar di Terminal Simbuang Kabupaten Mamuju.

Baca juga: Biddokkes Polda Sultra cek kesehatan personel pengamanan arus mudik

Ia menyampaikan bahwa dengan memastikan kondisi kesehatan sopir dan penumpang arus balik Lebaran 2024 tetap terjaga akan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

"Harapannya melalui upaya ini lingkungan berkendara selama musim mudik dan balik Lebaran menjadi lebih aman dan tertib," kata Effri Susanto.

Selain untuk memastikan standar keselamatan terpenuhi saat arus balik Lebaran, kata dia, pemeriksaan kesehatan kepada para sopir dan penumpang itu juga merupakan komitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, khususnya saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Baca juga: Puluhan sopir angkutan di Tulungagung jalani pemeriksaan kesehatan

Dia bersyukur sebab para sopir hingga penumpang menyambut positif pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Mereka menyadari pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental saat berkendara karena keselamatan adalah tanggung jawab bersama," kata Effri Susanto.

Sementara itu, Arman, salah seorang penumpang arus balik Lebaran mengaku senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir dan penumpang yang dilakukan pihak kepolisian tersebut.

Baca juga: Polres Tanah Bumbu periksa kesehatan awak kapal angkutan mudik

"Kami sebagai penumpang merasa tenang dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pihak kepolisian. Pemeriksaan kesehatan ini memberikan rasa aman kepada para penumpang sebab semua sopir diperiksa kondisi kesehatannya," ujarnya.

Pewarta: Amirullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024