Batulicin, Kalsel (ANTARA) - Satuan Polisi Perairan (Satpol Air) Polres Tanah Bumbu Polda Kalimantan Selatan, memeriksa kesehatan anggota kapal milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin untuk menjamin keselamatan para pemudik saat kapal berlayar.

"Dalam pemeriksaan tersebut, anggota Polair melakukan tes urine kepada 18 crew kapal mulai dari anak buah kapal (ABK) hingga kapten kapal untuk memastikan kesehatan mereka guna menjamin keselamatan pemudik saat kapal berlayar," kata Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya di Batulicin, Selasa.

Dia mengatakan, secara spesifik dalam pelaksanaan tes urine tersebut para anggota kepolisian ingin memastikan apakah yang bersangkutan terlibat mengkonsumsi narkotika atau tidak.

Apabila ada yang dinyatakan positif maka anggota kepolisian akan melakukan tindakan sesuai undang-undang yang berlaku.

"Alhamdulillah, semua crew kapal yang menjalani pemeriksaan narkotika hasilnya negatif atau tidak ada yang terlibat mengkonsumsi barang terlarang itu, semoga cruw kapal angkutan lebaran dapat melayani pemudik dengan nyaman dan senang" terang Kapolres.

Selain melakukan periksaan crew kapal, anggota kepolisian yang berjumlah 11 orang juga melakukan pengecekan terhadap peralatan keselamatan penumpang mulai dari pelampung, obat-obatan di KMP. Kerapu III dan KMP. Kerapu pada Senin (8/4) sekitar pukul 10.00 WITA.

Adapun anggota yang memeriksa diantaranya adalah AKP Apriansyah, BRIPKA Sunarto Hadi, BRIPKA M. Rifani, BRIPKA Argo Lare R, BRIPKA Subhan R, BRIGADIR Lutfi I, BRIGADIR Yuliandri J, BRIPDA A. Rizaldi, BRIPDA M. Anshari dan anggota Dokes Polres Tanah Bumbu AIPDA Yudha S dan Angga.

Sementara itu, Kepala PT ASDP (persero) Cabang Batulicin Windra Sulistiawan mengucapkan terimakasih kepada Polres Tanah Bumbu yang turut memastikan kesiapan anggota dan kapal milik ASDP sebelum berlayar guna menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang kapal angkutan lebaran.

"Kami memastikan dan menegaskan kepada semua karyawan PT ASDP agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, apabila ada yang terbukti melakukan hal tersebut akan kami proses sesuai aturan yang berlaku," tegas Windra.
Baca juga: Polresta Kendari tes urine awak kapal yang layani arus mudik Lebaran
Baca juga: KKP tingkatkan pengujian sertifikasi awak kapal perikanan RI
Baca juga: Operasi SAR pencarian korban Kapal Yuiee II di Selayar ditutup

Pewarta: Gunawan Wibisono/Sujud Mariono
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024