Bandarlampung (ANTARA) - Polda Lampung menyatakan bahwa tindakan Aiptu Supriyanto mengembalikan uang senilai Rp100 juta  yang tertinggal di kamar mandi rest area KM 116 A Tol Trans Sumatera adalah contoh nyata dari dedikasi dan integritas tinggi dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota kepolisian.

"Kapolda Lampung sangat bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, di Lampung, Selasa.

Ia pun mengungkapkan, sebagai bentuk apresiasi yang lebih dari Polri, Kapolda Lampung juga mengumumkan bahwa Aiptu Supriyanto akan diberikan kesempatan untuk mengikuti sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri pada akhir tahun 2024.

"Kapolda yakin bahwa Aiptu Supriyanto adalah calon pemimpin yang berpotensi dan memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lampung," ujarnya.

Kapolda Lampung pun berharap bahwa tindakan yang dilakukan oleh Aiptu Supriyanto akan menjadi inspirasi bagi seluruh anggota kepolisian di provinsi ink dan juga masyarakat umum untuk selalu bertindak dengan jujur dan integritas.

"Kemudian juga dalam kehidupan sehari-hari kita tetap harus menjunjung tinggi nilai-nilai moral," kata dia.

Diketahui Seorang anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Polda Lampung Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet, pada Minggu (14/4/2024). Tas pemudik yang tertinggal di paku tembok toilet tersebut berisi uang ratusan juta pecahan Rp100 ribu, paspor dan HP.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian, kemudian membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB rest area. Aiptu Supriyanto kemudian mengumumkannya menggunakan pengeras suara masjid.

Akhirnya pengumuman tersebut didengar oleh pemilik tas. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid rest area lalu mengembalikan tas pemudik itu. Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik yang hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah bersilaturahimke Pulau Jawa.
Baca juga: Kapolda Lampung: 40 ribu kendaraan belum menyeberang ke Jawa
Baca juga: Kapolda: Kondisi kamtibmas Lampung kondusif saat arus balik Lebaran

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024