Memang itu prediksi kami arus baliknya hari ini, tetapi melihat situasi di lapangan sepertinya terus akan bergulir
Surabaya (ANTARA) - Manajemen Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, mencatat sekitar 18.892 penumpang memadati kawasan tersebut pada H+6 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.
 
"Data penumpang yang naik sementara sampai sore hari ini ada 6.880 penumpang datang dan 12.012 penumpang turun," kata General Manager Kalimas dan Terminal Penumpang GSN Dhany Rachmad Agustian di Surabaya.
 
Dhany menyatakan jika mengacu pada prediksi pihaknya maka puncak arus balik terjadi hari ini.
 
Namun tak dipungkirinya angka lonjakan penumpang diperkirakan juga muncul mulai H+9 hingga H+11 atau pada Jumat (19/4) sampai Minggu (21/4).

Baca juga: Manajemen GSN prediksi puncak arus balik terjadi pada H+5 Lebaran
 
"Memang itu prediksi kami arus baliknya hari ini, tetapi melihat situasi di lapangan sepertinya terus akan bergulir,"  ujarnya.
 
Lebih lanjut, kata dia, perkiraan munculnya angka penumpang di H+9 hingga H+11 salah satu faktornya adalah waktu tempuh kapal dengan rute wilayah Indonesia bagian Timur. "Seperti dari Sorong itu memakan waktu perjalanan sekitar empat hari, sehingga menyesuaikan dengan jadwal kedatangannya," ucap Dhany.
 
Selama masa arus balik dan mudik Lebaran ini, kata dia, terdapat 37 kapal dari enam operator yang siap melayani rute perjalan masyarakat.
 
Oleh karenanya Dhany menyatakan langkah antisipasi munculnya penumpukan penumpang di area keberangkatan sudah dipersiapkan yakni dengan memperpanjang waktu penjagaan dari yang awalnya dua jam menjadi empat jam sebelum kedatangan kapal.

Baca juga: Terminal GSN catat pemudik capai 81.562 orang
 
"Jadi empat jam sebelum kapal datang kami masukkan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di sekitar pelabuhan," katanya.
 
Selain itu Manajemen GSN juga melakukan perbaikan pada sejumlah fasilitas sejak sebelum berlangsung masa mudik. "Mengingat prediksi angkutan Lebaran ini ada kenaikan sekitar 20 persen dibanding tahun lalu, baik arus mudik dan arus balik secara keseluruhan," ucapnya. 

Sementara berdasarkan data dari pihak Terminal GSN, jumlah penumpang sejak H-15 hingga H+5 Hari Raya Idul Fitri tahun ini mencapai 134.813 orang. Jumlah itu lebih tinggi 11,91 persen jika dibandingkan dengan masa mudik dan arus balik tahun 2023 yang sebesar 120.463 orang.
 
Total angka kedatangan dan keberangkatan tertinggi terjadi pada H-7 Idul Fitri atau tanggal 3 April 2024.

Baca juga: Terminal penumpang GSN siagakan puluhan relawan bantu pemudik

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024