Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, bagus dan cocok untuk kejuaraan surfing yang bisa membangkitkan perekonomian daerah dari sektor pariwisata olahraga.
 
Dalam laman Kemenpora RI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, ia menjelaskan suasana pantai yang indah dengan latar perbukitan hijau, berpotensi membangkitkan perekonomian masyarakat melalui sport tourism, seperti surfing dan sejenisnya.
 
"Setelah sampai sini (Pantai Menganti), saya sangat takjub dengan pengembangan wisatanya. Di sini banyak anak muda yang berkemah dan lokasinya sangat bagus untuk dibuat kejuaraan surfing," kata Dito saat berkunjung ke desa tersebut, pada Selasa (16/4) malam.
 
Ia mengaku antusias melihat keindahan destinasi wisata tersebut yang menyuguhkan pemandangan laut dan tebing yang menjulang tinggi serta indah dipandang, saat datang bersama Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan rombongan.
 
"Saya sangat bangga melihatnya dan sekali lagi ini prestasi untuk pak bupati Kebumen, karena bisa menggerakkan perangkat desa untuk inovatif dan kreatif," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Pantai Menganti terkenal karena keindahan alam dan kejernihan lautnya. Keindahannya menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu pantai terindah di Provinsi Jawa Tengah.
 
Wisatawan yang berkunjung di kawasan itu bisa menikmati keindahan pemandangan alam dari atas tebing, serta lokasi sunrise dan sunset yang menawan.
 
Jembatan merah yang ada di pantai itu sengaja disediakan pengelola, agar menjadi lokasi swafoto yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang.

Baca juga: Menpora harapkan WSL momen bangkitnya sport tourism dan sport industry
Baca juga: Menpora harap selancar ombak jadi cabang unggulan di Olimpiade Paris

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024