Kami sudah jauh-jauh hari melakukan penyiapan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan
Jakarta (ANTARA) - PT XL AXiata Tbk (XL AXiata) menyampaikan jaringan telekomunikasi selama libur Ramadhan dan Lebaran dalam kondisi aman terkendali dengan mencatat peningkatan trafik penggunaan data terjadi antara 4-14 April 2024.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 16 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadhan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

“Kami bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan penyiapan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Gede menambahkan pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadhan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan sosial media 15 persen.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen.

Dilihat dari lima wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadhan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32 persen, Nusa Tenggara Barat 21 persen, Lampung 19 persen, Sumatera Barat 17 persen, dan Aceh 16 persen.

Di tingkat lima kota/kabupaten, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68 persen, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58 persen, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53 persen, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52 persen, dan Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50 persen.

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar tujuh persen.

"Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30 persen," kata Gede.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahkan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Baca juga: XL Axiata perkuat jaringan di tiga jalur utama penyeberangan laut
Baca juga: XL Axiata siapkan jaringan andal hadapi libur panjang Lebaran
Baca juga: XL Axiata luncurkan kampanye "WeAreMoms" sambut Ramadhan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024