Jakarta (ANTARA News) - Kontestan asal Indonesia, Albern Sultan, meraih posisi 1st Runner Up Mister International 2013 yang digelar semalam di Skenoo Hall, Gandaria City.

Selain itu, Albern pun meraih gelar Mister Photogenic. Gelar Mister International 2013 jatuh pada Jose Anmer Paredes (Venezuela) yang juga mendapat gelar Ideal Body by L-Men, diikuti 1st Runner Up Albern Sultan (Indonesia), 2nd Runner Up : Jhonatan Marko (Brazil), 3rd Runner Up : Hans Jael Valdes Briseno (Mexico), 4th Runner Up : Gill Wagas (Philippines), dan 5th Runner Up : Antonin Beranek (Czech Republic).

Posisi Mister Congeniality diraih oleh kontestan asal Amerika Serikat Jeremy Wyatt Akin, sementara gelar Best National Costume jatuh pada Sergio Lopes Gotii dari Panama.

Pageant period Mister International 2013 berlangsung sejak tanggal 12 November di empat kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan Magelang.

Malam puncak Mister International 2013 yang dipandu oleh Daniel Mananta dan Ayu Dewi semalam menampilkan 38 kontestan Mister International dalam berbagai balutan busana, meliputi National Costume, Beach wear, Evening Wear dan Indonesian Etnik Wear dari Adi Barlan.

Para dewan juri yang menilai para kontestan meliputi Reinita Arlin - Putri Pariwisata Indonesia 2012 dan Miss Tourism Asia 2012, Nino Sujudi, Editor in Chief Men's Health Indonesia, Angelique Dewi Permatasari Nutrifood Head of Marketing Communication, Monica Desideria - General Manager of ANTV, Tony Pickering - Chief Operation Officer Celebirty Fitness, dan Dra. Poppy Savitri - Sekretaris Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Angelique mengungkapkan harapannya agar para pemenang dapat menjadi panutan bagi para pria untuk menjalani gaya hidup sehat.

"Begitu juga dengan Albern Sultan, L-Men of the Year 2013 yang menjadi perwakilan Indonesia, kami ucapkan terima kasih atas prestasinya di ajang ini," kata Angelique dalam siaran pers dari Nutrifood semalam.

Selama pageant period, para kontestan telah melakukan berbagai aktivitas, seperti kampanye healthy lifestyle, shooting, kunjungan sosial, termasuk juga berbagai aktivitas outdoor, meliputi kesenian, kuliner, dan kebudayaan Indonesia dengan tujuan mempopulerkan pariwisata Indonesia.

Mereka juga mengunjungi berbagai objek wisata seperti Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Safari Bogor, Candi Borobudur, Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Pantai Siung.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013