Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan penanganan longsor di tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Km 64+600 berjalan dengan lancar.
 
"Alhamdulillah sudah ditangani dengan baik. Saya nanti akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan penanganannya," ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
 
Muhadjir meninjau langsung penanganan bersama Kepala BNPB Suharyanto pada Rabu siang, melihat progres penanganan yang dilakukan oleh pihak PUPR dan pengelola jalan tol. Ruas jalan tol yang longsor sudah diberikan pasak tiang besi sebagai penyangga agar kokoh.
 
Kemudian pekerja dan mobil eskavator bekerja menguruk material tanah dan bebatuan untuk menangani jalur yang terputus karena longsor.

Baca juga: Menko PMK apresiasi langkah cepat perbaikan jalan tol

Baca juga: Polisi minta pengemudi perlambat kendaraan di area longsor Tol Bocimi
 
Menurut dia, kejadian longsor di KM 64 Tol Bocimi yang bertepatan dengan padatnya mobilitas pemudik selama Lebaran merupakan kejadian yang tidak diduga.
 
"Karena itu saya juga mohon maaf pada para pemudik yang tidak bisa memanfaatkan fasilitas luar biasa ini karena adanya peristiwa bencana," ujarnya.
 
Setelah melayani arus mudik dan arus balik lebaran 2024, ruas jalan Tol Bocimi kembali ditutup mulai Senin malam 15 April 2024 untuk fokus pada tahap penanganan perbaikan.
 
"Mudah-mudahan ini bisa segera selesai. 3-4 bulan akan selesai. Mudah-mudahan tahun baru libur Nataru sudah bisa dilewati secara normal," ujarnya.
 
Di sisi lain, pengelola jalan tol, operator jalan tol, bersama pemerintah daerah langsung bergerak cepat dan berkoordinasi untuk menangani supaya kejadian serupa tidak terulang lagi.
 
"Mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi. Tentu saja dari berbagai pihak terus mencermati kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di berbagai titik," ujar Muhadjir.*

Baca juga: Polisi fungsikan Tol Bocimi untuk arus balik ke arah Jakarta pada sore

Baca juga: Polisi pastikan Tol Bocimi akan difungsikan untuk arus balik

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024