Beijing (ANTARA News) - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, Sabtu, mengatakan pembicaraan internasional Jenewa mengenai masalah nuklir Iran telah mencapai tahap akhir.

Hong mengatakan di dalam siaran pers bahwa Menteri Luar Negeri China Wang Yi meninggalkan Beijing menuju Jenewa pada Sabtu pagi untuk ikut dalam dialog antara Iran dan kelompok 5+1 --Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, Rusia dan Jerman.

Pembicaraan antara Iran dan kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman mengenai program nuklir kontroversial Teheran telah berlanjut sampai hari keempat di luar jadwal pada Sabtu, demikian laporan Xinhua.

Menurut laporan, Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah terbang ke Jenewa pada Jumat (22/11) untuk menghadiri pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung tersebut. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tiba di Kota Swiss itu pada Jumat pagi.

Babak baru pembicaraan yang dimulai pada Rabu tersebut adalah perundingan ketiga antara Iran dan keenam negara besar dunia dalam lebih dari satu bulan.

Babak terakhir pembicaraan yang diselenggarakan di Jenewa dari 7 sampai 9 November gagal menghasilkan kesepakatan sementara sebagaimana diharapkan.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013