Jakarta (ANTARA) -
PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024 dengan memberikan pelayanan kesehatan.
 
"Kami menyiapkan dukungan dan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang hendak bersilaturahmi ke keluarga di kampung halaman dan ketika arus balik dari kampung halaman, sehingga para pemudik dapat menjaga stamina serta kesehatannya untuk merayakan momen hari lebaran ini,” kata Direktur Utama KAEF David Utama di Jakarta, Kamis.
 
David menuturkan pelayanan tersebut mencakup pendirian posko kesehatan mudik dengan pengecekan kesehatan gratis serta operasional outlet Kimia Farma Express di beberapa rest area jalan tol dan bandara.
 
Selain itu Kimia Farma juga menyiagakan personel apotek, klinik, dan laboratorium di masa cuti bersama dan libur Lebaran.
 
Kimia Farma Apotek melayani para pemudik baik pengguna jalur udara maupun pengguna jalan tol. Terdapat tiga outlet Kimia Farma (KF) Express di bandara yaitu KF Express Bandara I Gusti Ngurah Rai, KF Express Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dan KF Express Bandara International Yogyakarta.
 
Bagi para pemudik jalur darat, KFA menyediakan layanan di rest area Tol Cipularang KM 72A dan KM 88A, serta Tol Trans-Jawa yaitu Ruas Tol Pejagan-Pemalang KM 260B Heritage-Banjaratma.
 
Selama periode libur Lebaran, yakni pada 9-14 April 2024, outlet-outlet KF Express di jalur mudik telah melayani sebanyak 6.621 kunjungan.
 
Selain jalur mudik, KFA juga menyiagakan operasional 1.245 outlet Apotek Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia selama masa cuti bersama dan libur Lebaran sehingga masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan kesehatannya.
 
Sementara itu, KFD memberikan pelayanan kesehatan melalui beberapa Posko Kesehatan Mudik yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi para pemudik secara gratis.
 
Salah satunya adalah KFD Unit Bisnis Jaya 1 melalui Posko Kesehatan Mudik Peruri yang menyediakan pemeriksaan tensi darah dan suhu badan gratis bagi 300 pemudik, sopir dan awak bus di Lapangan Parkir Peruri, Jakarta Selatan pada 5 April 2024.
 
KFD Unit Bisnis Jaya 2 menyediakan layanan screening kesehatan untuk 800 peserta mudik, pengemudi dan awak bus berupa tes gula darah dan cek tekanan darah di Posko Mudik Polri Presisi 2024 yang berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dan Biddokkes Polda Metro Jaya di Silang Monas pada 6–7 April 2024.
 
Kemudian, KFD Unit Bisnis Jabar 5 juga menyediakan Posko Mudik yang berkolaborasi dengan KFA, Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) serta produk Kimia Farma Batugin di Terminal Sinar Jaya Bekasi (Pool 1) pada 6-8 April 2024.
 
KFD juga menyiagakan personelnya untuk melakukan kegiatan operasional seluruh klinik dan laboratorium secara normal selama cuti bersama dan libur Lebaran.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024