Alat kita di Gunung Ruang posisinya mati akibat erupsi sehingga sampai saat ini belum bisa membaca kegempaan di sana
Manado (ANTARA) - Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) melumpuhkan peralatan seismik yang terpasang untuk merekam aktivitas vulkanik gunung yang berada di Pulau Ruang tersebut.

"Rusak kemarin sore pada saat letusan pukul 18.00 WITA dan letusan lebih besar pukul 20.15 WITA. Kerusakan baru mulai kemarin," kata Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi di Manado, Kamis.

Baca juga: Banyuwangi salurkan sembako untuk warga miskin di kaki Gunung Raung

Dia mengatakan, perbaikan akan dilakukan secepatnya atau mungkin dengan alternatif lain menunggu bagian instrumentasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Alat kita di Gunung Ruang posisinya mati akibat erupsi sehingga sampai saat ini belum bisa membaca kegempaan di sana. Namun kami berusaha untuk datangkan tim dari Bandung dan Jogja," kata Juliana.

Tidak berfungsinya peralatan seismik di sana, kata dia, dapat disiasati dengan memasang Closed-Circuit Television (CCTV) atau menerbangkan 'drone'.

"Hal-hal ini bisa saja diupayakan agar kondisi terkini Gunung Ruang bisa terpantau," katanya.

Juliana ketika ditanya apakah Gunung Ruang masih berpotensi terjadinya letusan yang lebih besar mengatakan,"Belum bisa diprediksi."

Baca juga: Gunung Raung naik status jadi waspada

Alasannya menurut dia, sebagaimana dilaporkan Kepala PVMBG, Gunung Ruang unik, dan karakter setiap gunung berbeda-beda.

"Walaupun saat ini kita tidak bisa mengukur kegempaannya, namun kami tetap berharap, tetap mengimbau radius enam kilometer dari kawah Gunung Ruang harus steril," ujarnya.

Gunung Ruang di Pulau Ruang erupsi sejak tanggal 16 April 2024 setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan.

Di tanggal tersebut, PVMBG tiga kali menaikkan status Gunung Ruang dari normal ke waspada level II (pukul 14.00 WITA), siaga level III (pukul 16.00 WITA) kemudian dinaikkan menjadi awas pukul 21.00 WITA.

Baca juga: Petugas gabungan padamkan karhutla di lereng Gunung Raung Jember

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024