Singapura (ANTARA News) - Film Singapura "Ilo Ilo" menyabet empat penghargaan Golden Horse Awards di Taiwan pada Sabtu.

Sutradara Singapura Anthony Chen memenangkan penghargaan Best New Director untuk film ini, sedangkan aktris Yeo Yann Yann merebut penghargaan Best Supporting Actress untuk perannya dalam "Ilo Ilo".

"Ilo Ilo" juga memenangkan Best Feature Film dan Best Original Screenplay.

Chen mengatakan acara itu telah menjadi "malam nyata" dan berharap ini akan menjadi inspirasi bagi para pembuat film muda lainnya di Singapura.

"Saya hanya berpikir kami sangat senang, kami datang tanpa harapan dan sekarang kita membawa kembali bukan hanya satu, tetapi beberapa penghargaan untuk Singapura, sehingga dengan ini saya pikir itu adalah momen yang luar biasa dan kami telah membuka bab baru bagi perfilman di Singapura".

"Saya berharap ini akan mendorong pembuat film yang lebih muda di masa depan untuk mengejar mimpi mereka. Mudah-mudahan bila mereka lanjutkan ini, kita akan memiliki gelombang baru yang indah di perfilman Singapura."

Yeo Yann Yann mengatakan dia gembira atas kemenangannya.

"Saya gembira, saya gembira memenangkan penghargaan ini. Dan saya merasa seperti di alam mimpi sekarang. Ini tidak nyata, tetapi begitu nyata sekarang. Saya masih sangat senang dan mengatakan, saya ...," kata sang aktris terbata-bata.

Nominasi pendatang baru terbaik Koh Jia Ler dan nominasi aktris pendukung terbaik Tianwen Chen gagal menang dalam kategori masing-masing.

Pada Jumat malam, Chen juga meraih penghargaan Best Screenplay Piaget saat acara santap malam Golden Horse.

Berlatar latar belakang krisis keuangan Asia tahun 1997, "Ilo Ilo" mengeksplorasi hubungan antara keluarga terdiri tiga orang dan pembantu Filipina-nya.

Film ini juga memenangkan penghargaan yang didambakan Camera dOr di Festival Film Cannes 2013, demikian seperti dikutip dari CNA.


(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013