jumlah penumpang selama posko dari 3 hingga 18 April 2024 meningkat 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 678 ribu orang
Sidoarjo (ANTARA) -
Jumlah penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, mencapai 700 ribu orang selama periode angkutan Lebaran 2024 baik arus mudik maupun arus balik.
 
"Kami manajemen PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Juanda menyampaikan apresiasi dan banyak terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang telah mendukung kelancaran serta menyukseskan kegiatan Posko Angkutan Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024. Sehingga di periode posko tahun ini kita bisa melayani sebanyak 700 ribu penumpang," ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Jumat.
 
Ia mengemukakan posko dibagi pada 2 lokasi yaitu di Terminal 1 (T1) dan Terminal 2 (T2) demi membantu kelancaran operasional serta meningkatkan dan menjaga aspek keselamatan juga keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S + 1C (Safety, Security, Services dan Compliance).
 
"Selama periode posko lebaran tahun ini, terjadi peningkatan baik jumlah penumpang, pesawat maupun pengiriman kargo," tuturnya.
 
Ia mengatakan jumlah penumpang selama posko yang dimulai dari tanggal 3 hingga 18 April meningkat 3 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 678 ribu orang.

Baca juga: Bandara Juanda layani 54 ribu penumpang saat puncak arus balik

Baca juga: Enam maskapai ajukan penerbangan tambahan di Bandara Juanda
 
"Sedangkan jumlah pergerakan pesawat mencapai 4.707 pesawat atau meningkat 1 persen jika dibandingkan pada tahun lalu yang mencapai 4.678 pesawat. Kemudian untuk kargo juga mengalami peningkatan 11 persen dimana tahun ini mencapai 2.786 ton sedangkan tahun sebelumnya 2.500 ton," tuturnya.
 
Ia mengatakan jumlah penambahan penerbangan (ekstra flight) yang terealisasi pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini sebanyak 288 penerbangan dengan persentase 53 persen dari 548 penerbangan.
 
"Terdapat 8 maskapai yang menambah jumlah penerbangan yaitu Lion Air 127 penerbangan, Citilink 63 penerbangan, Super Air Jet 50 penerbangan, Batik Air 20 penerbangan, Garuda Indonesia 10 penerbangan, Nam Air 10 penerbangan, Singapore Airlines 4 penerbangan dan Scoot Tiger 4 penerbangan," tuturnya.
 
Adapun rute favorit pada arus mudik dan balik lebaran kali ini untuk penerbangan domestik yaitu Cengkareng, Denpasar, Balikpapan, Makassar dan Banjarmasin.
 
"Meskipun Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 telah ditutup, Bandar Udara Internasional Juanda tetap berkomunikasi dan berkoordinasi untuk terus memantau arus balik hingga selesai dalam pekan ini," katanya.

Baca juga: Bandara Juanda terbaik se-Asia Pasifik versi ASQ Awards 2023

Baca juga: Bandara Internasional Juanda tambah jam operasional menjadi 19 jam

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024