Barito Kuala, Kalimantan Selat (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI menunjuk Kecamatan Mandastana di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, menggulirkan program Pembangunan Keluarga,  Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) guna menekan ​​​​​​stunting atau tengkes pada 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat mengaku bangga dengan penunjukan Kecamatan Mandastana menjadi salah satu lokasi pelaksanaan "Bangga Kencana" untuk memerangi stunting.

“Selain memperkuat jalinan tali silaturahmi tentunya memiliki makna sangat penting dan strategis dalam upaya intensifikasi program 'Bangga Kencana' dan juga percepatan penurunan stunting terutama di Kabupaten Batola," ujar Mujiyat di Marabahan, Jumat.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sehingga program "Bangga Kencana" dan penurunan stunting di Kabupaten Batola dapat terlaksana sangat baik.

Kepala BKKBN RI dr Hasto Wardoyo menyebutkan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Batola telah menjalankan program "Bangga Kencana" dengan baik.

Baca juga: 26 tahun Jembatan Barito jadi ikon Kalimantan Selatan
Baca juga: Eco Fesyen Indonesia tanam 200.000 bibit purun di Barito Kuala


Dia juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi para kader PKK serta para bidan yang mau meluangkan waktu untuk bersibuk diri melayani pasien di lokasi kegiatan.

Hasto mengungkapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo menggulirkan program "Bangga Kencana" sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Tidak ada stunting dan semuanya cerdas, saya sangat yakin di bawah pimpinan Penjabat Bupati Batola Mujiyat masyarakat terlayani sangat baik," kata Hasto.

Selama di Kabupaten Batola, Hasto mengunjungi "Kampung Keluarga Berkualitas" di Desa Tebing Rimbah Mandastana dan mengunjungi sejumlah gerai (stan).

Hasto juga sempat melihat dapur sehat dan kegiatan pemasangan akseptor KB perempuan di Aula Kantor Pemerintah Kecamatan Mandastana.

Pewarta: Taufik Ridwan/Arianto
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024