Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) meloloskan 135 proposal pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi peringkat ketiga jumlah proposal terbanyak nasional.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof uhammad Ruslindi Makassar, Sabtu, mengatakan dari 135 proposal tersebut yang mendapat pendanaan adalah PKM Riset Eksakta sebanyak 46 proposal.

Selanjutnya PKM Riset Sosial Humaniora 41 proposal, PKM Kewirausahaan 17 proposal, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 26 proposal, PKM Penerapan Iptek tiga proposal, PKM Karsa Cipta dua proposal, dan PKM Karya Inovatif satu proposal.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kata dia, jumlah proposal yang didanai Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek tahun ini berkurang cukup signifikan.

Tahun 2023, kata dia, jumlah proposal didanai sebanyak 5.102, sementara tahun ini hanya 3.520 proposal. Ini berarti terjadi penurunan 1.582 proposal. Namun demikian, tim Unhas berhasil meloloskan 135 proposal, sama persis dengan jumlah yang lolos tahun sebelumnya.

Baca juga: Unhas peringkat empat nasional pendanaan PKM Kemendikbudristek

"Ini berarti berbagai upaya yang dilakukan baik melalui dukungan kebijakan, pendanaan, maupun teknis, memberikan dampak positif bagi prestasi mahasiswa Unhas,” ujarnya.

Adapun lima besar perguruan tinggi terbanyak didanai berturut turut adalah UGM, ITS, Unhas, IPB, Unair.

Dari sejumlah kompetisi yang dikelola oleh Belmawa maupun Pusat Prestasi Nasional, kata dia, PKM nantinya bermuara pada PIMNAS yang merupakan kompetisi paling bergengsi. Kompetisi ini menjadi arena untuk mengevaluasi efektivitas pembinaan di kampus.

Pihaknya berharap ekosistem pengembangan talenta dan antusiasme untuk berprestasi terus tumbuh dan berkembang, bukan hanya di kalangan mahasiswa, namun juga kepada pimpinan di level universitas dan fakultas, serta dosen-dosen yang terus mengawal aneka kegiatan kemahasiswaan.

Baca juga: Rektor Unhas lepas 29 tim PKM menuju Pimnas 36 di Unpad

Sementara itu Direktur Kemahasiswaan Unhas Abdullah Sanusi menambahkan peringkat Unhas dalam pendanaan PKM selama tiga tahun terakhir ini terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2022 Unhas di peringkat enam, lalu naik ke peringkat empat pada tahun 2023, dan tahun ini ada di peringkat tiga.

"Direktorat kemahasiswaan Unhas terus bekerja keras mengawal pengembangan prestasi dan talenta mahasiswa, keterampilan berorganisasi, leadership, termasuk penyiapan karir,” ujarnya.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) baru saja merilis pengumuman pendanaan proposal PKM pada 19 April malam. Tahun ini ada 3.520 berhasil lolos pendanaan yang berasal dari 459 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Baca juga: Unpatti asah kreativitas mahasiswa lewat klinik PKM bidik PIMNAS
 
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024