Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menyelenggarakan "Pergelaran Jakarta Philharmonic Orchestra (JPO) 2013" pada Kamis (28/11) di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta pukul 19.30 WIB.

"JPO merupakan kegiatan rutin yang diadakan Disparbud DKI, namun kali ini konser diselenggarakan dalam rangka 'Menjelang 100 Tahun Ismail Marzuki' yang merupakan komponis besar di Indonesia," kata Kepala Disparbud DKI Arie Budhiman dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Menurut Arie, dalam pergelaran JPO tersebut akan disajikan lagu-lagu karya Ismail Marzuki, diantaranya Lambayan Bunga, Chandra Buana, Wanita, Bunga Anggrek, Rangkaian Melati, Djuwita Malam, Indonesia Pusaka, Halo-Halo Bandung dan sebagainya.

Konser "Menjelang 100 Tahun Ismail Marzuki" akan dimeriahkan oleh sejumlah pemusik handal, antara lain Yudianto Hinupurwadi (conductor-musical director), Mariam Tamari (soprano), Lunars (paduan suara) dan Jakarta Philharmonic Orchestra.

"Kegiatan ini digelar untuk mengenang kembali sosok Ismail Marzuki. Sekarang ini, banyak sekali kaum muda yang mulai melupakan Ismail Marzuki dan juga karya-karyanya. Makanya, kita gelar acara ini," ujar Arie.

Melalui kegiatan tersebut, dia mengharapkan seluruh masyarakat dapat lebih meningkatkan apresiasi terhadap lagu-lagu karya komponis besar Ismail Marzuki.

"Selain itu, kita juga berharap pergelarann ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat bagi para musisi muda untuk lebih kreatif dalam berkarya, sekaligus mengobati kerinduan bagi para pecinta orkestra klasik di Jakarta," tambah Arie.

Ismail Marzuki adalah komponis besar Indonesia yang lahir di Jakarta pada 11 Mei 1914 dan wafat di Jakarta pada 25 Mei 1959 pada usia 44 tahun.

Komponis tersebut memperoleh anugerah penghormatan pada 1968 dengan dibukanya Taman Ismail Marzuki, yakni taman dan pusat kebudayaan di Cikini, Jakarta Pusat. Pada 2004, Ismail Marzuki dinobatkan menjadi salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia. 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013