Jakarta (ANTARA) -
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali mengukir prestasi di kancah internasional, kali ini melalui Tim Indoor Skydiving Indonesia Polri yang meraih juara di ajang 5th Fédération Aéronautique Internationale (FAI) World Cup of Indoor Skydiving (WCIS) & 1st FAI Asian Indoor Skydiving Championship di Macau, China.

Tim Nasional Indonesia Putri pada nomor 4-Way FS Female yang diwakili Polwan Brimob POLRI berhasil meraih medali perak (Juara 2) pada Kejuaraan Asia dan menduduki peringkat 5 pada Kejuaraan Dunia.
 
"Prestasi ini juga merupakan kado istimewa yang bertepatan dengan momentum Hari Kartini," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Erdi A Chaniago dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Erdi menjelaskan, Pada Kejuaraan Dunia ini delegasi Tim Polri Indoor Skydiving Indonesia Polri mengikuti perlombaan pada 3 nomor yaitu 4-Way Formation Skydiving (kerja sama di udara), 4-Way Formation Skydiving Female dan Dynamic 2-Way.
 
Kejuaraan dunia di bawah naungan Fédération Aéronautique Internationale (FAI), selaku Induk Olahraga Aerosport Dunia, merupakan kejuaraan paling bergengsi di dunia untuk olahraga dirgantara khususnya terjun payung, diikuti oleh atlet dari 29 negara, pada 17-20 April 2024.
 
Juara 1 Asia diraih oleh Tim China, yang juga merupakan juara dunia. Atlet-atlet Polwan juga mencatatkan rekor nasional nilai tertinggi pada satu babak yaitu 30 poin.

Sementara itu, Tim Nasional Indonesia Putra pada nomor 4-Way FS Open berhasil meraih medali perunggu (Juara 3) pada Kejuaraan Asia yang diwakili oleh atlet-atlet Brimob POLRI. Sedangkan pada kejuaraan dunia, Indonesia mengirimkan du tim yang diwakili Brimob POLRI dan KOPASGAT TNI AU dengan menduduki peringkat 12 dan 18 dunia.
 
"Selain itu Tim Nasional Indonesia juga pertama kali dalam sejarah nasional ikut serta pada nomor Dynamic 2-Way yang diwakili atlet-atlet Brimob POLRI dengan hasil peringkat 21 Dunia dan peringkat 4 Asia," kata Erdi.

Erdi menambahkan, Tim POLRI dipimpin oleh Kombes Pol. Christiyanto Goetomo berserta 18 personil Polri direncanakan akan kembali ke tanah air pada hari ini.
 
Prestasi membanggakan yang diraih atlet-atlet Indonesia ini tidak terlepas dari dukungan fasilitas latihan indoor skydiving (windtunnel) termodern yang saat ini dimiliki Brimob POLRI.
 
Windtunnel Korps Brimob Polri diresmikan pertengahan Maret 2023 oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara terletak di Pusat Pelatihan (Satlat) Korps Brimob Polri Komplek Cikeas, Jawa Barat.
 
Sarana Wind Tunnel untuk melatih anggota Brimob dalam terjun payung agar lebih terampil dan profesional.
 
Wind Tunnel yang dimiliki Brimob Polri memiliki diameter 4,8 meter dengan kapasitas maksimal bisa digunakan untuk 10 orang penerjun, dapat dioperasikan selama 24 jam non-setop.
 
Komitmen Polri dalam mengembangkan dan memajukan olahraga indoor skydiving diwujudkan dengan terselenggaranya kejuaraan nasional berkualitas pada tahun 2023, serta rencana penyelenggaraan Kejuaraan Indoor Skydiving Internasional Kapolri Cup pada bulan Juli 2024 yang diinisiasi oleh Persatuan Terjun Payung POLRI.

Baca juga: Kapolri apresiasi Tim Jakarta Bhayangkara Presisi juara voli Asia

Baca juga: Dua perwakilan Bali raih juara pada KBPP Polri International Cup 2022

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024