Makassar (ANTARA News) - Puluhan dokter di Kota Parepare dan Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, melakukan aksi demo sebagai bentuk solidaritas terhadap kasus yang menimpa rekan seprofesinya di Manado, Sulawesi Utara, dengan tuduhan malapraktik.

"Aksi mogok dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Parepare ini sebagai bentuk solidaritas terhadap putusan MA pada rekan kami yang dituduh melakukan malapraktik," kata Ketua IDI Parepare dr Kamaruddin menanggapi aksi mogok para dokter di kota itu, Rabu.

Dia mengatakan, selama ini para dokter telah bertugas selaku tenaga medis terhadap masyarakat, dengan ikhlas dan tulus. Dalam menjalankan tugas itu tidak terlepas dari risiko.

Menurut dia, kondisi seperti itu dialami rekan sejawatnya di Manado yang telah berupaya menyelamatkan ibu dari persalinan yang sulit.

Aksi mogok serupa juga dilakukan para dokter di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang sebagian besar bertugas di RS Salewangan, Maros. Namun aksi damai tersebut tidak sempat menelantarkan pasien karena masih ada yang tetap bertugas menjalankan tugasnya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013