Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa terjadi di Jakarta pada Senin (22/4) antara lain Refly Harun tak kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pilpres hingga DKI terapkan inovasi pengendali banjir.

Berikut rangkumannya :


1. Refly Harun tak kecewa dengan putusan MK terkait sengketa pilpres

Pakar hukum tata negara Refly Harun mengatakan dirinya dan peserta unjuk rasa tak perlu kecewa dengan putusan Hakim Konstitusi terkait perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2024.

"Secara umum, kita tidak perlu kecewa. Kita pulang dengan kepala tegak. Secara moral kita tidak perlu kalah," kata dia dalam orasinya di sela unjuk rasa dekat Patung Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin sore.

Baca selengkapnya di sini



2. Tim Puslabfor Polri olah TKP kebakaran ruko di Mampang Prapatan


Jakarta (ANTARA) - Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri mulai olah tempat kejadian perkara (TKP) ruko pembuat bingkai di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang terbakar sehingga mengakibatkan tujuh penghuninya meninggal dunia.

Pantauan ANTARA di lokasi kebakaran ruko bingkai pada Senin, sekitar jam 12.00 WIB, petugas dari Polres Metro Jakarta Selatan, dan Tim Puslabfor Polri, memasuki ruko (rumah toko) yang terbakar.

Baca selengkapnya di sini



3. Kapolda Metro Jaya: Unjuk rasa berlangsung tertib

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto menyatakan bahwa unjuk rasa di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Senin berlangsung aman dan tertib.

"Bersyukur semuanya aman dan tertib, terima kasih juga kepada para pengunjuk rasa sudah bisa mengendalikan diri dengan baik, hanya masalah bakar-bakar itu kita anggap yang kecil karena tidak berbahaya," katanya saat melakukan pengecekan aksi di Monas, Senin.

Baca selengkapnya di sini



4. Ekonomi Jakarta bergantung pada perdagangan dan reparasi kendaraan

Jakarta (ANTARA) - Pengamat tata kota dari Universitas Trisaksi Yayat Supriatna mengemukakan bahwa mesin penggerak ekonomi di Jakarta masih bergantung pada perdagangan besar, eceran hingga reparasi mobil dan motor.

Yayat menjelaskan bahwa berdasarkan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jakarta tahun 2021-2023, bisnis terbesar di Jakarta masih digerakkan oleh sektor transportasi dengan total 29 juta kendaraan di Jakarta, 19 juta di antaranya adalah motor.

Baca selengkapnya di sini

 

5. DKI terapkan inovasi pengendali banjir di kawasan rawan banjir 

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menerapkan enam inovasi pengendali banjir yang di tempatkan pada lokasi-lokasi langganan banjir setiap kali hujan deras.

"Inovasi ini akan diimplementasikan dan diteruskan untuk meminimalkan dampak curah hujan yang tinggi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024