Jakarta (ANTARA/JACX) – Beredar informasi adanya pesawat jatuh di perairan Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (22/4).

Kabar itu dibagikan beberapa pengguna Facebook, yang didukung pula dengan gambar kecelakaan pesawat tersebut.

"Pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo Flores maunori, blm tau identitas pesawat, jurusan barat ke timur jatuh terbang rendah, byk saksi mata, mohon dilacak dgn jelas, sekitar 1 mil dari darat," demikian isi narasi yang disebarkan salah satu pemilik akun Facebook.

Lantas, benarkah ada pesawat jatuh di perairan Nagekeo, NTT?
Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyatakan ada pesawat jatuh di perairan Nagekeo, NTT (Facebook)


Penjelasan:
Rumor soal kecelakaan pesawat di NTT itu dibantah Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

"Merujuk hal tersebut, AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan dapat menyimpulkan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar atau hoaks," kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro sebagaimana isi berita ANTARA ini.

Menurut Hermana, pesawat yang beroperasi di wilayah yurisdiksi cabang Kupang dipastikan beroperasi dengan normal pada Senin.

Sebelumnya, maskapai Wings Air juga mengatakan informasi dugaan hilang kontak salah satu pesawat di wilayah NTT tidak benar.

"Wings Air dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya pada Senin.

Klaim: Pesawat jatuh di perairan Nagekeo, NTT
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Pesawat Malaysia MH370 ditemukan di dasar laut

Cek fakta: Hoaks! Pesawat mendarat setelah 37 tahun menghilang

Cek fakta: Misinformasi! Garuda Indonesia diakuisisi China Airlines


 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024