Kami berusaha untuk terus menjaga agroforestry tebu mandiri ini dari gangguan apapun seperti kebakaran, hama, dan lain-lain
Jakarta (ANTARA) - Perum Perhutani menggandeng PT Pabrik Gula Rajawali I Unit PG Rejo Agung Baru dalam upaya mendukung target swasembada gula nasional melalui kemitraan budi daya tanaman tebu musim tanam 2023/2024 guna memenuhi kebutuhan bahan baku tebu giling.

Direktur Operasi Perum Perhutani Natalas Anis Harjanto mengatakan sinergi itu diwujudkan dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Kemitraan Penyediaan Bahan Baku Tebu Giling Tahun 2024.

Kerja sama itu diharapkan dapat menjaga pasokan bahan baku tebu giling.

"Kami berusaha untuk terus menjaga agroforestry tebu mandiri ini dari gangguan apapun seperti kebakaran, hama, dan lain-lain, agar kita sama-sama bisa mengamankan kontrak pasok yang sedang kita jalani sehingga sesuai dengan harapan yang kita tuju," ujar Natalas melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

PKS dibagi menjadi dua berdasarkan wilayah lokasi kerja sama, yakni PKS antara Perhutani Divisi Regional Jawa Timur dan PT Pabrik Gula Rajawali I Unit PG Rejo Agung Baru, yang ditandatangani Kepala Divisi Perhutani Regional Jawa Timur Asep Dedi Mulyadi dan General Manager PT PG Rajawali I unit PG Rejo Agung Baru Immam Nur Salamet.

Kedua, perjanjian antara Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dan PT Pabrik Gula Rajawali I Unit PG Rejo Agung, yang ditandatangani Kepala Divisi Perhutani Regional Jawa Tengah R Ratmanto Trimahono dan General Manager PT PG Rajawali I unit PG Rejo Agung Baru Immam Nur Salamet.

Direktur Utama PT PG Rajawali I Daniyanto menyampaikan dalam kerja sama itu merupakan inisiasi dan awal dari kerja sama terus menerus antara Perum Perhutani dan PG Rajawali I.

"Komitmen kami adalah mendukung kegiatan agroforestry tebu mandiri ini, karena kami membutuhkan pasok dari Perhutani, oleh karena itu kita dorong betul agar kerja sama bisa terus terealisasi sesuai dengan yang akan kita sepakati pada hari ini agar terus berjalan langsung," katanya.

Dalam kerja sama itu, Perum Perhutani menyediakan lahan dan kegiatan budi daya tebu guna memasok bahan baku tebu giling untuk Pabrik Gula Rejo Agung Baru milik PG Rajawali 1, sedangkan PG Rajawali 1 menyediakan dan memberikan bimbingan teknis/penyuluhan budi daya, analisa kemasakan tebu, tebang muat dan angkut tebu. Adapun bagi hasil dari kerja sama tersebut dalam bentuk gula kristal putih.

Melalui kerja sama itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan pasokan bahan baku tebu giling pabrik gula guna mendukung swasembada gula nasional serta meningkatkan daya guna lahan hutan dalam pelaksanaan budidaya tanaman tebu.

Pelaksanaan perjanjian tersebut berakhir pada akhir musim giling 2024 atau paling lambat sampai 31 Desember 2024 dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak.

Baca juga: Perhutani optimalkan kawasan hutan untuk ketahanan pangan
Baca juga: Kementerian BUMN terus dorong Perhutani tingkatkan produksi gula
Baca juga: PT PG Rajawali I targetkan produksi gula sebesar 204.635 ton

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024