counter

Aksi bakar sate di Malang bidik rekor MURI

Aksi bakar sate di Malang bidik rekor MURI

ILUSTRASI-Aksi bakar sate massal. (FOTO ANTARA/Syaiful Arif)

Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengadakan lomba membakar sate kelinci terpanjang untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Abdul Malik di Malang, Kamis, mengemukakan sate kelinci yang bakal dibakar secara bersama-sama pada Minggu (1/12) Kepanjen itu panjangnya mencapai 1.253 meter dengan jumlah sate sebanyak 50.200 tusuk.

"Kami akan melibatkan pemanggang sate sebanyak 1.253 orang atau sesuai dengan peringatan HUT yang ke-1.253 Kabupaten Malang. Kita kan akan memecahkan rekor MURI lomba bakar sate kelinci terpanjang," kata Malik, menambahkan.

Menurut dia, dalam lomba bakar sate kelinci terpanjang tersebut tidak hanya melibatkan warga, tapi semua komponen, di antaranya Bupati Malang Rendra Kresna, seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), lurah, kepala desa, para pejabat, penyuluh serta pengawas sekolah.

Ia mengatakan, hasil lomba bakar sate tersebut nantinya akan dibagikan kepada siswa-siswi serta anak yatim piatu yang ada di daerah itu. "Memang jumlah tersebut masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan, sebab jumlah siswa dan anak yatim piatu kan mencapai ratusan ribu," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara yang juga salah satu panitia HUT ke-1.25 3 Kabupaten Malang itu mengatakan daging kelinci yang dibakar tersebut adalah jenis kelinci Malang Cross, yakni hasil perasilangan kelinci lokal dan Australia.

Setiap satu ekor kelinci, kata Made, akan menghasilkan sekitar 50 tusuk sate. Dengan demikian dibutuhkan sekitar 2.020 kilogram daging atau sebanyak 1.010 ekor kelinci untuk memenuhi kebutuhan 50.200 tusuk sate tersebut.

"Kami berharap lomba bakar sate ini menjadi sebuah hiburan yang menarik bagi masyarakat, bahkan mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah (domestik) atau asing," katanya.

Selain lomba bakar sate kelinci untuk memecahkan rekor MURI, rangkaian HUT ke-1.253 Kabupaten Malang itu juga di tandai dengan penghijauan di Taman Puspa yang ada di kawasan jalan lingkar barat, pagelaran wayang kulit, kirab budaya di Kepanjen serta ditutup dengan pagearan musik yang menghadirkan band The Bagindas.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar