"Pendaftaran kekayaan intelektual indikasi geografis akan memberikan banyak manfaat baik secara ekonomi maupun perlindungan hukum,"
Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan pada 2024 kembali memfasilitasi pendaftaran dua kekayaan intelektual indikasi geografis (IG) khas provinsi setempat ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

"Dua IG yang telah didaftarkan dan masih dalam tahap pemeriksaan Tim DJKI Kemenkumham di Jakarta yakni Kopi Robusta Lahat dan Jeruk Gerga Pagaralam," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Selasa.

Sementara tahun sebelumnya, menurut Ilham, telah difasilitasi pendaftaran dan disetujui DJKI dengan telah dikeluarkan sertifikat enam kekayaan intelektual indikasi geografis (IG) khas Sumsel.

Keenam IG khas Sumsel itu semuanya komoditas perkebunan yakni Kopi Robusta Semendo, Kopi Robusta Empat Lawang, Duku Komering, Kopi Robusta Pagaralam, Gambir Toman Musi Banyuasin, dan Kopi Robusta Muara Dua, OKU Selatan.

Melihat masih sedikitnya masyarakat dan pemerintah daerah di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu mendaftarkan kekayaan intelektual IG, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi dan pendekatan agar mereka terdorong untuk mendaftarkan kekayaan intelektual indikasi geografis khas Sumsel, katanya.

Dia menjelaskan, pendaftaran kekayaan intelektual IG itu penting dilakukan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap keaslian (orisinalitas) suatu produk yang umumnya dilabeli daerah asal (indikasi geografis).

"Pendaftaran kekayaan intelektual indikasi geografis akan memberikan banyak manfaat baik secara ekonomi maupun perlindungan hukum," ujarnya.

Dia menjelaskan, indikasi geografis merupakan salah satu jenis Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) yang bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum terhadap keaslian suatu produk yang umumnya dilabeli daerah asal yang mengisyaratkan bahwa kualitas produk tersebut hanya dapat diciptakan dari suatu daerah yang memiliki keunikan.

Kemudian mengisyaratkan kelebihan khusus dari sumber daya alamnya, sumber daya manusianya, ataupun kombinasi dari keduanya.

Indikasi geografis dapat menjadi aset yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyejahterakan masyarakat suatu daerah.

Selain itu, indikasi geografis juga merupakan strategi bisnis yang dapat memberikan nilai tambah komersial terhadap keaslian, limitasi, serta reputasi suatu produk dari suatu daerah yang tidak dapat ditiru oleh daerah lain.

Hal tersebut sangat potensial untuk menghalangi praktik persaingan tidak sehat dengan memanfaatkan nama suatu daerah, sehingga menjamin agar keuntungan ekonomi tertinggi dari suatu produk dapat tetap dinikmati oleh produsen dari daerah asal produk tersebut.

Indikasi geografis secara nyata telah mengangkat kesejahteraan produsen di negara maju yang tinggal di daerah terpencil dan memiliki keterbatasan alternatif mata pencaharian, kata Ilham.

Sementara sebelumnya Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman Telaumbanua mengatakan untuk memperkuat pengembangan produk indikasi geografis (IG) Indonesia, DJKI berkolaborasi dengan Tokopedia (geographical indication goes to marketplace).

Memperkuat pengembangan produk IG tersebut dalam rangka menyambut tahun 2024 sebagai tahun tematik indikasi geografis yang bertemakan “Cinta dan Bangga Produk Indikasi Geografis Indonesia”.

Kolaborasi itu di antaranya memberikan pelatihan cara mendaftar di Tokopedia dan Shop Tokopedia (pada aplikasi TikTok), memanfaatkan fitur di kedua platform, tips branding dan pemasaran, hingga pelatihan manajemen keuangan.

Kopi Arabika Merapi Merbabu Magelang dari Provinsi Jawa Tengah menjadi awal dari rangkaian kegiatan Geographical Indication Goes to Marketplace yang menjadi program unggulan DJKI Kementerian Hukum dan HAM di tahun 2024.

Kemudian akan berlanjut di enam wilayah produk IG terdaftar lainnya yakni Jambi dengan produk IG Kopi Arabika Sumatera Koerintji dan Kayumanis Koerintji

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan produk IG Madu Teran Belitong Timur, Jawa Barat dengan produk IG Beras Pandanwangi Cianjur, DI Yogyakarta dengan produk IG Batik Tulis Nitik Yogyakarta.

Kemudian Sulawesi Selatan dengan produk IG Lada Luwu Timur, dan Provinsi Gorontalo dengan produk IG Gula Aren Atinggola Gorontalo Utara, jelas
Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman.
Baca juga: Kemenkumham Sumsel optimalkan layanan publik kekayaan intelektual
Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sumsel sosialisasikan pendaftaran merek kolektif 
Baca juga: Permohonan sertifikat kekayaan intelektual di Sumsel meningkat

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024