Selama ini kami sudah melakukan langkah persuasif, pada operasi ini akan ditekankan aspek penegakan hukumnya,"
Semarang (ANTARA News) - Polda Jawa Tengah memasok sekitar 100 ribu surat tilang ke kepolisian di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini untuk menghadapi Operasi Zebra Candi 2013.

"Dari Korlantas sudah memenuhi kebutuhan ke seluruh daerah," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Istuhari Winarto usai apel siaga Operasi Zebra Candi 2013 di Semarang, Kamis.

Ia mengakui sempat terdapat kekosongan surat tilang di sejumlah daerah

Namun ia memastikan menjelang Operasi Zebra, 28 November hingga 11 Desember 2013 itu seluruh daerah telah tercukupi.

Dalam Operasi Zebra kali ini, lanjut dia, kepolisian akan bertindak tegas terhadap para pelanggar lalu lintas.

"Selama ini kami sudah melakukan langkah persuasif, pada operasi ini akan ditekankan aspek penegakan hukumnya," katanya.

Penegakan hukum yang terberat, kata dia, yakni pemberian surat bukti pelanggaran untuk mengikuti persidangan di pengadilan.

Adapun prioritas dari pelaksanaan operasi kali ini, lanjut dia, penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Beberapa jenis pelanggaran itu di antaranya pengemudi di bawah umur, genk motor, angkutan umum tak layak jalan, menurunkan penumpang bukan pada tempatnya, dan sebaganinya.

Dari Operasi Zebra yang serentak digelar di seluruh wilayah ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan dan korban tewas lalu lintas. (I021/H015)

Pewarta: IC Senjaya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013