Jakarta (ANTARA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) menyebut kejuaraan golf North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024 di Sumatera Utara menjadi ajang uji kemampuan atlet golf di Tanah Air dalam kompetisi internasional.

"Kejuaraan ini menjadi salah satu tolak ukur bagi atlet golf kita untuk menguji kemampuan mereka dalam kompetisi bergengsi tingkat internasional," ujar Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono ketika dihubungi melalui saluran telpon di Jakarta, Rabu.

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open 2024 untuk kedua kalinya digelar di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, pada 23-25 April 2024 dan diinisiasi Pengurus Provinsi PGI Sumatera Utara.

Kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 77 atlet yang terdiri dari putra sebanyak 58 orang dan putri 19 orang. Para peserta berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, India, Korea Selatan,China, Indonesia, dan negara Asia Pasifik lainnya.

Mereka akan memperebutkan piala NSAO 2024 dan juga piala bergilir Gubernur Sumatera Utara dan Ketua PGI Sumatera Utara.

Adi menyebutkan ada beberapa atlet nasional yang bertarung dalam kejuaraan ini seperti Rayhan Abdul Latief, William Justin, Luke Evan Moore, Rifqi Alam, Kristina Natalia Yoko, dan juga Sania Talita Wahyudi.

Mereka akan bersaing dengan beberapa perwakilan dari negara lain yang mengirim atlet terbaik seperti Anson Yeo Boon Xiang dari Malaysia, Kim Beomgyu dari Korea Selatan, Phutanate Kangwol dari Thailand, Shijun Jing dari China, dan juga Ngo Thanh Son dari Vietnam.

"Secara kualitas, kejuaraan ini dipastikan akan sangat berkualitas," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kejuaraan tersebut juga menjadi ajang persiapan bagi PGI Sumatera Utara yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, di mana untuk cabang golf akan dimainkan di lapangan tersebut.

Tidak hanya berdampak bagi bidang olahraga, Adi melanjutkan, kejuaraan tersebut juga akan berdampak bagi sektor pariwisata karena bisa menjadi sarana promosi wisata Sumatera Utara ke luar negeri.

Baca juga: PGI: Turnamen Medco-Pondok Indah peluang atlet lokal naikkan ranking
Baca juga: Amadeus dan Gemilau raih juara Indonesia Amateur Golf Open 2024
Baca juga: Thea dan Theo tampil gemilang pada kejuaraan golf di Abu Dhabi

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024