Hong Kong (ANTARA) - Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan Shanghai pada Kamis (25/4) sepakat untuk semakin meningkatkan kerja sama guna mendorong kekuatan finansial keduanya.

Dalam pertemuan yang diadakan di Hong Kong, jajaran perwakilan pemerintah, regulator keuangan, dan bursa saham dari kedua kota bersama-sama membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk perkembangan terbaru dari layanan keuangan di Zona Perdagangan Bebas Percontohan (Shanghai) China, kerja sama terkait bisnis Renminbi lintas perbatasan, sekuritas, kontrak berjangka (futures), asuransi, teknologi keuangan (fintech), dan keuangan hijau, serta mengintensifkan pertukaran talenta profesional.

Kedua belah pihak sepakat untuk terus mendukung peningkatan berkelanjutan dari program akses pasar bersama, seperti Shanghai-Hong Kong Stock Connect, Bond Connect, dan Swap Connect, serta menjalin kolaborasi erat untuk mengimplementasikan sederet kebijakan yang baru saja diumumkan dan mengeksplorasi pendalaman lebih lanjut untuk kerja sama antara pasar sekuritas di kedua kota.

Di bidang asuransi, kedua belah pihak akan memfasilitasi pertukaran dan kerja sama dalam industri tersebut yang melibatkan isu-isu pembangunan seperti manajemen risiko proyek Sabuk dan Jalur Sutra, captive insurance, dan sekuritas yang berkaitan dengan asuransi.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam hal pengembangan produk, layanan, dan inovasi yang berkaitan dengan keuangan hijau, serta meningkatkan pertukaran dan kerja sama di antara perusahaan-perusahaan fintech di kedua kota.

Biro Jasa Keuangan dan Perbendaharaan pemerintah SAR Hong Kong dan kantor peningkatan pembangunan pusat keuangan internasional Shanghai juga telah sepakat untuk memimpin dalam penyelenggaraan pertemuan rutin guna meningkatkan pertukaran dan kerja sama keuangan antara kedua kota.



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024