Hong Kong (ANTARA) - Para wisatawan memadati Pelabuhan Victoria di Hong Kong pada Rabu (1/5) malam waktu setempat untuk menikmati pertunjukan kembang api di laut yang menjadi salah satu acara utama pertama dari liburan Hari Buruh tahun ini.

Dimulai pada pukul 20.00 waktu setempat (19.00 WIB), pertunjukan selama 10 menit itu menyatu dengan pemandangan malam Pelabuhan Victoria dan diiringi pertunjukan cahaya dan musik.

Kembang api berwarna keemasan itu dinyalakan dari sebuah kapal yang berjarak 130 meter di lepas pantai.

Meskipun gerimis sesekali turun sepanjang hari, banyak wisatawan dan warga Hong Kong sudah tiba tiga jam sebelum pertunjukan untuk menemukan tempat menonton yang sempurna.

"Saya paling menantikan pertunjukan kembang api selama empat hari kunjungan saya di Hong Kong pada liburan Hari Buruh tahun ini," ujar seorang wisatawan asal Provinsi Guangdong bermarga Lu.
 
   Para pelaku industri di Hong Kong yakin bahwa pertunjukan kembang api dapat membantu menarik wisatawan dan meningkatkan bisnis restoran. Restoran dengan pemandangan laut Pelabuhan Victoria menyajikan paket makanan untuk dinikmati bersama pertunjukan tersebut, sementara beberapa perusahaan kapal pesiar menjual tiket paket makan malam prasmanan dan pertunjukan kembang api


Departemen Imigrasi pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong memperkirakan bahwa kedatangan dan keberangkatan penumpang akan mencapai total 5,9 juta orang dari Selasa (30/4) hingga Minggu (5/5).

Lebih dari 800.000 perjalanan diperkirakan dilakukan oleh wisatawan dari China Daratan.

Hingga Rabu pukul 16.00 waktu setempat, Hong Kong telah mencatat hampir 440.000 kedatangan wisatawan, dengan sekitar 140.000 di antaranya merupakan wisatawan dari China Daratan. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024