Bengkulu (ANTARA) - Anggota DPD RI Ahmad Kanedi mengusulkan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih yang akan dikibarkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) agar dijahit di Persada Fatmawati Soekarno, rumah ibu negara pertama Indonesia.
 
"Kami mengusulkan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dapat dirajut di Persada Fatmawati Soekarno tempat di mana Bendera Pusaka dirajut," kata Ahmad Kanedi yang juga Koordinator Merajut Nusantara di Bengkulu, Jumat.

Kanedi mengatakan Yayasan Merajut Nusantara segera mengirimkan usulan tersebut ke Kantor Staf Presiden dan Sekretariat Negara menjelang perayaan HUT RI tahun 2024.
 
"Kami berharap bisa mengundang Ibu Iriana Joko Widodo untuk menjahit langsung duplikat Bendera Pusaka di Persada (rumah) Fatmawati Soekarno ini, dan nantinya dikibarkan di IKN pada 17 Agustus 2024. Senin (29/4) kami sampaikan suratnya, sifatnya mengajak, kami harapkan bisa terjadi," ucapnya.
 
Menurut Ahmad Kanedi duplikat Bendera Pusaka Merah Putih yang dijahit di Persada Fatmawati Soekarno oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo nantinya dapat memperkuat histori dari Bendera Merah Putih.
 
Kemudian, rangkaian sejarah yang terhubung dengan kepindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara juga akan menambah nilai-nilai histori yang terukir.
 
"Jadi duplikat Bendera Pusaka yang dikibarkan nanti di IKN dirajut di tempat yang sama dengan Bendera Pusaka, dan juga dirajut oleh ibu negara," kata dia.
 
Kemudian Koordinator Merajut Nusantara itu juga mengajak kepala daerah se Indonesia untuk ikut menjahit Bendera Merah Putih yang akan dikibarkan pada 17 Agustus 2024 di Persada Fatmawati Soekarno.
Baca juga: 100 tahun Fatmawati, bukan sekadar penjahit bendera pusaka
Baca juga: Naskah asli teks proklamasi akan disandingkan dengan bendera pusaka
Baca juga: Duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dikembalikan ke Monas

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024