Jakarta (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan enam kapal perang, tiga tank amfibi, tiga perahu karet, dan 200 prajurit untuk mengikuti Operasi Trisila Koarmada III Tahun Anggaran 2024 di perairan sekitar Papua dan Maluku.

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Wawan Trisatya Atmaja, yang memimpin operasi itu, menyebut dalam rangkaian operasi ada juga latihan pendaratan amfibi di pantai di Distrik Ransiki, Manokwari, Papua Barat.

"Latihan ini melibatkan 200 orang terdiri dari personel gabungan Koarmada III, Pasukan Marinir (Pasmar) 3, dan (pengawak) KRI jajaran Koarmada III," papar Danguspurla Koarmada III saat dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Dalam siaran resmi Guspurla Koarmada III, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan memimpin apel gelar pasukan dan alutsista untuk latihan pendaratan itu. Apel itu berlangsung di Dermaga Koarmada III, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (25/4), dengan komandan apel Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada III Kolonel Laut (P) Hartanto.

Selepas apel gelar pasukan, persiapan untuk Operasi Trisila dilanjutkan dengan tahap tactical floor game (TFG) dalam kapal markas, KRI Teluk Wondama-527. TFG sederhananya merupakan tahapan simulasi operasi.

Baca juga: Pangkoarmada III cek kesiapan pasukan dan alutsista Operasi Trisila

Baca juga: Satgas Trisila TNI AL lanjutkan operasi di Sabang


Operasi Trisila Koarmada III 2024 dijadwalkan berlangsung pada pekan terakhir April 2024 sampai dengan 2 Juni 2024.

Rute pelayaran Operasi Trisila Koarmada III 2024 dimulai dari Sorong, Papua Barat Daya, kemudian kapal-kapal yang terlibat berlayar ke Manokwari, Papua Barat.

Di Manokwari, Satgas Operasi Trisila-24 dijadwalkan menggelar latihan pendaratan di Pantai Ransiki, kemudian pasukan melanjutkan pelayaran ke beberapa daerah di Maluku Utara, yaitu Morotai, Ternate, Bacan.

Usai berlayar di tiga tempat itu, Satgas Operasi Trisila-24 melanjutkan perjalanan ke titik terakhir ke Timika, Papua Tengah.

"Selama lintas laut (linla) Satgas Trisila akan melaksanakan tugas penegakan hukum dan pengamanan terhadap para pengguna (jalur) laut serta latihan-latihan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut. Kemudian, saat sandar di pangkalan, Satgas Trisila akan melaksanakan kegiatan seperti bakti sosial, karya bakti, open ship, serta pameran alutsista untuk meningkatkan rasa cinta terhadap TNI khususnya TNI Angkatan Laut," tutur Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada III TNI AL Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Kamis (25/4).

Tidak hanya enam kapal perang, Operasi Trisila Koarmada III 2024 juga melibatkan pesawat angkut CN-235 dan helikopter dari Pusat Penerbangan TNI AL.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024