Pupuk Indonesia pun memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terhadap penurunan emisi dan dekarbonisasi, melalui program Pupuk Indonesia Green Harmony.
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anggota holding serentak menanam 8.000 bibit pohon di tujuh wilayah yang tersebar di Indonesia pada HUT ke-12 Pupuk Indonesia, dalam rangka mendukung komitmen penurunan emisi karbon.

“Pupuk Indonesia pun memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terhadap penurunan emisi dan dekarbonisasi, melalui program Pupuk Indonesia Green Harmony,” ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Program ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di sekitar wilayah operasional Pupuk Indonesia Group.

Baca juga: Pupuk Indonesia-Brunei Darussalam kerja sama ketahanan pangan ASEAN

Pupuk Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik Indonesia (benihbaik.com) melakukan penanaman 8.000 pohon yang dilaksanakan secara serentak di tujuh lokasi penanaman di Pupuk Indonesia Group, yaitu Jakarta (oleh Pupuk Indonesia), Gresik (Petrokimia Gresik dan Pupuk Indonesia Utilitas), Cikampek (Pupuk Kujang), IKN dan Bontang (Pupuk Kalimantan Timur), Lhokseumawe (Pupuk Iskandar Muda), dan Palembang (Pupuk Sriwidjaja Palembang).

Dari Jakarta, Pupuk Indonesia menanam 1.000 pohon yang terdiri dari berbagai jenis tanaman.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi bersama PIKA-PI Grup yang merupakan bagian dari keluarga besar Pupuk Indonesia. Dalam rangka ulang tahun PIKA-PI Group yang ke-8, maka target penanaman pohon pada kali ini adalah 8.000 pohon.

Ketua Umum PIKA-PI Group Tata Rahmad Pribadi berharap kegiatan yang melibatkan istri-istri karyawan ini mampu membangun kepedulian lingkungan dari setiap keluarga karyawan di Pupuk Indonesia Group, sehingga kebijakan yang diambil para suami di perusahaan selalu mengedepankan kelestarian lingkungan.

"Saat ini lingkungan menjadi isu global. Kita harus bisa mendukung langkah perusahaan untuk kelestarian lingkungan dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produknya," ujar Tata.

Baca juga: Pupuk Indonesia : Pupuk subsidi hanya bisa ditebus di kios resmi

HUT ke-12 Pupuk Indonesia ini mengusung tema "Membangun Kemandirian Pertanian Berkelanjutan". Tema ini selaras dengan komitmen Pupuk Indonesia untuk maju menjadi garda terdepan dalam penghasil pupuk berkualitas dan mencapai kemandirian pangan.

Peringatan HUT ini mengusung tiga elemen utama, yaitu environment yang salah satu kegiatannya diisi dengan penanaman pohon ini, kemudian elemen culture, dan people. Dengan menyatukan tiga pilar tersebut, diharapkan kegiatan yang digelar memberikan dampak positif yang menyeluruh, menginspirasi dan memberdayakan karyawan untuk terlibat aktif dalam pengalaman unik dan bermakna.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024