Denpasar (ANTARA) -
Komando Daerah Militer IX/Udayana menyiapkan sebanyak 486 orang untuk kuota prajurit Tamtama TNI AD tahun 2024.
 
Hal itu disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi saat memimpin sidang parade penerimaan calon Tamtama PK TNI AD TA 2024 Subpanpus Kodam IX/Udayana di Aula Supardi Makodam IX/Udayana, Senin.
 
Pangdam menyampaikan peserta seleksi tingkat Subpanpus ini sekarang masih tersisa sebanyak 677 orang calon, dimana dari jumlah 730 orang calon yang mengikuti seleksi terdapat dua orang calon yang tidak hadir/mengundurkan diri, serta 51 orang calon yang tidak memenuhi syarat karena kesehatan yang beresiko dan sebelumnya telah dipulangkan karena tidak dapat mengikuti pentahapan seleksi berikutnya.
 
"Dari 677 orang calon yang mengikuti Sidang Pantukhir hari ini, sesuai alokasi dari panitia pusat, kita akan memilih sebanyak 486 orang calon yang nantinya akan mengikuti pendidikan," ujar Pangdam.

Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai fungsinya masing-masing sehingga pelaksanaan pentahapan seleksi sampai saat ini dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar.
 
Pangdam mengharapkan seluruh panitia dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memilih dan menentukan calon yang memenuhi persyaratan serta standar kelulusan baik dari segi administrasi, kesehatan, jasmani, psikologi dan mental ideologi, sehingga akan diperoleh keputusan terbaik yang tentunya akan berdampak pada kualitas personel dan organisasi TNI AD di masa yang akan datang.
 
Sementara itu, Aspers Kasad Mayjen TNI Arief Gajah Mada dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangdam menyampaikan bahwa tuntutan tugas prajurit TNI ke depan semakin berat dan kompleks.
 
Potensi ancaman, gangguan, hambatan serta tantangan (AGHT) yang mungkin timbul dari dalam maupun dari luar akibat pengaruh dinamika global yang terjadi saat ini, sehingga dibutuhkan prajurit-prajurit yang handal dan berkualitas.
 
Aspers Kasad selaku Ketua Panitia Pusat sangat berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga calon Tamtama yang terpilih adalah calon yang benar-benar memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Baca juga: Pangdam Udayana minta prajurit perkuat kesatuan dengan masyarakat

Baca juga: Pangdam IX/Udayana tekankan program TNI AD Manunggal Air

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024