Jakarta (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut latihan pendaratan amfibi di pesisir Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, yang merupakan bagian dari Operasi Trisila Koarmada III 2024.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada III TNI AL Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Senin, menyebut latihan pendaratan itu dipimpin oleh Komandan Gugus Tempur (Danguspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Wawan Trisatya Atmaja.

“Beberapa unsur kapal perang Koarmada III yang terlibat dalam latihan di antaranya KRI Teluk Wondama-527, KRI Panah-625, KRI Layaran-854, KRI Dorang-874, dan Helikopter TNI AL Panther AS 565 MBe,” kata Kadispen Koarmada III.
Komando Armada III TNI Angkatan Laut latihan pendaratan amfibi di pesisir Ransiki, Manokwari Selatan, Papua Barat, Senin. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Komando Armada III TNI AL.


Dia melanjutkan latihan itu juga melibatkan kendaraan tempur pendaratan amfibi BTR 50 PM, dan tank PT 76 Marinir dari Pasukan Marinir (Pasmar) 3.

Kemudian untuk prajurit yang terlibat, selain pengawak kapal-kapal perang dan prajurit dari beberapa pangkalan utama TNI AL yang bernaung di bawah Koarmada III, ada juga prajurit TNI AL dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada III TNI AL.

Dalam rangkaian latihan sebelum pendaratan, kapal-kapal perang TNI AL dari Armada III juga melaksanakan latihan manuver seperti PhotoEx, manuver taktis, anti-surface warface exercise (asuwex), Latnubika/DCEX (damage control exercise), flag hoist, dan publikasi taktis.

“Koarmada III melaksanakan operasi tersebut untuk menjamin keamanan, melindungi kepentingan nasional, serta mencegah dan menangani segala bentuk pelanggaran hukum, membina kemampuan tempur unsur-unsur SSAT (sistem senjata armada terpadu) dalam gugus tugas, dan membina potensi maritim di daerah operasi,” kata Danguspurla Koarmada III, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Koarmada III TNI AL.

Usai latihan pendaratan, Koarmada III TNI AL lanjut menggelar bakti sosial dan membuka layanan kesehatan gratis untuk masyarakat di pesisir Ransiki, Manokwari Selatan. Tidak hanya itu, Koarmada III TNI AL juga menggelar pameran alutsista, dan karya bakti di Gereja Klasis Ransiki dan Masjid Bani Jibrin Indoryeki.

“Kegiatan sosial itu mendapatkan respons antusias dari masyarakat setempat yang merasa senang dan bersyukur bisa dibantu dan didatangi prajurit TNI,” kata Kadispen Koarmada III.
Baca juga: Komando Armada III gelar gerakan nasional laut bersih
Baca juga: Komisi I DPR RI mengunjungi Komando Armada III di Papua Barat
Baca juga: TNI AL latihan tempur di perairan pulau terluar RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024