HI meyakini masyarakat perlu selalu diingatkan bahwa pelosok Indonesia dan wilayah krisis kemanusiaan dunia masih sulit dijangkau dalam memberi manfaat dari ibadah qurban setiap tahun
Kupang (ANTARA) - Human Initiative (HI) kembali menjadi jembatan kebaikan masyarakat Indonesia untuk pemerataan hewan qurban di pelosok Indonesia dan di wilayah krisis kemanusiaan dunia.

HI meyakini masyarakat perlu selalu diingatkan bahwa pelosok Indonesia dan wilayah krisis kemanusiaan dunia masih sulit dijangkau dalam memberi manfaat dari ibadah qurban setiap tahun.

Menurut data IDEAS tentang 'Ekonomi Kurban 2023, Indonesia masih menghadapi fakta kesenjangan konsumsi makanan dalam kehidupan masyarakat, kata Romi Ardiansyah, Vice President of Operations HI di kick off Sebar Qurban HI di Desa Oebelo, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, Senin.

Kesenjangan ekonomi itu berdampak pada tingkat konsumsi daging yang rendah karena tingginya harga daging di Indonesia.

Untuk itu, di momentum Idul Adha ini menjadi satu dari beberapa harapan masyarakat prasejahtera untuk mengkonsumsi daging sapi, domba, maupun kambing, meski masih terjadi distribusi daging qurban yang tidak merata-rata.

Baca juga: Human Initiative berdayakan peternak lokal pasok & sebar hewan qurban

Romi mengungkapkan bahwa fakta tersebut belum keluar dari pekerjaan rumah dunia kemanusiaan. HI sebagai organisasi kemanusiaan global dengan visi 'Menggerakkan Kebaikan untuk Memartabatkan Manusia', berupaya untuk menguatkan semangat kolaborasi dan bersama mengentaskannya.
Kickoff Sebar Qurban Human Initiative 2024 di Desa Oebelo, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, Senin (29/4/2024). (ANTARA/HO-Human Initiative)

"Melalui Sebar Qurban 2024, HI dengan semangat kolaborasi berupaya mendorong tercapainya SDG's 2.1 tentang akses universal terhadap makanan yang aman dan bergizi. Bukan hanya sekadar terpenuhi, tetapi juga membahagiakan. Ini merupakan tugas kita bersama," ujar Romi Ardiansyah.

HI menawarkan varian qurban dengan harga terjangkau yang telah disesuaikan dengan wilayah sebaran dengan tetap menaikkan martabat peternak lokal.

M. Rijalul Afif, Leader Squad Sebar Qurban HI 2024, mengatakan semoga hal ini kian memudahkan terealisasinya niat berqurban masyarakat dari berbagai generasi di tahun ini.

HI berikhtiar meraih 24.860 share qurban di 122 wilayah dan 28 provinsi bagi 451.645 pemegang hak program juga di wilayah krisis kemanusiaan dunia, sehingga penyebaran manfaat qurban menjadi tepat sasaran. HI juga menyebar qurban ke Uganda, Somalia, Tanzania, Myanmar dan Bangladesh.

HI menggerakkan mitra peternak lokal berpengalaman untuk senantiasa merawat hewan qurban dan memberikan laporan pada hari pemotongan. Langkah ini merupakan perwujudan amanah yang HI berikan kepada pequrban yang hadir dari berbagai generasi.*

Baca juga: Idul Adha di kampung halaman, Sultan: Qurban bentuk pengabdian nirpamrih
Baca juga: Di balik Idul Adha tanpa kurban di Masjid Niujie

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024