ANNAPOLIS, Maryland, 5 Desember 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- American Capital Energy & Infrastructure ("ACEI") hari ini mengumumkan akan menginvestasikan 130 juta dolar bagi Azura Power Holdings Ltd. ("Azura"), perusahaan yang berwenang di dalam pengembangan proyek energi Azura-Edo di negara bagia Edo, Nigeria. Dengan tujuan menjadi perusahaan pengembangan energi terkemuka di Afrika barat, Azura akan memanfaatkan investasi ACEI untuk mendanai proyek energi Azura-Edo fase pertama dan kedua, mewujudkan pembangunan jalur pipa di lahan-lahan yang masih hijau dan sejumlah pengakuisisian di masa mendatang, dan mengembangkan tim kerja, kompetensi konstruksi, dan operasional perusahaan ini.  

Proyek energi Azura-Edo adalah proyek  pembangkit listrik turbin gas siklus terbuka yang dibangun di dekat Benin City di Negara Bagian Edo, yang juga merepresentasikan proyek fase pertama pembangunan pembangkit listrik 1000MW. Azura dan Nigerian Bulk Electricity Trading Plc menandatangani perjanjian jual beli energi listrik pada tanggal 22 April 2013, yang nantinya proyek ini akan menjadi pelopor untuk perusahaan-perusahaan energi independen lainnya di negara tersebut. President Goodluck Jonathan menyebut proyek ini sangat penting bagi proses reformasi sektor energi Nigeria. Fase pertama pembangunan pembangkit listrik ini, dengan perencanaan anggaran yang ditargetkan rampung pada awal tahun 2014 dan mulai beroperasi pada 2016/2017, diperkirakan akan membuka 1000 lapangan pekerjaan baru selama proses pembangunan dan operasi. Proyek ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan sektor industri Nigeria, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan banyak lapangan kerja.

Bapak Paul Hanrahan, CEO dan pendiri bersama ACEI, berkata: "Kami sangat bangga dapat berinvestasi pada Azura, sebuah contoh investasi prospektif di dalam sektor infrastruktur energi. Investasi ini merupakan pengakuan kami atas progres signifikan yang berhasil dicapai oleh Azura pada proyek energi Azura-Edo fase pertama, pertumbuhan ekonomi di pasar Nigeria dan Afrika Barat, dan keyakinan kami terhadap program reformasi sektor energi Pemerintah Federal Nigeria."  

Pada bulan Juni 2013, ACEI bergabung dengan Power Africa, sebuah prakarsa Pemerintah AS yang diluncurkan oleh Presiden Obama yang berkonsentrasi untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan di Afrika dengan meningkatkan akses energi listrik yang ramah lingkungan dan handal. Pemerintah AS bsesama dengan pemerintah Ethiopia, Ghana, Kenya, Liberia, Nigeria, dan Tanzania, beserta mitra sektor swasta telah sepakat untuk mempercepat realisasi investasi di benua tersebut. Sebagai salah satu mitra di dalam prakarsa presidensial tersebut, ACEI secara pro aktif menggelontorkan investasi terhadap berbagai perusahaan energi Afrika untuk mengembangkan, mendanai, dan mengoperasikan aset-aset infrastruktur energi regional di Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Selatan, dimana dalam empat tahun ke depan, jumlah investasi diperkirakan mencapai 800 juta  dolar.

"Untuk mendukung prakarsa Power Africa, ACEI berinvestasi pada perusahaan-perusahaan energi independen terkemuka di pasar Afrika," ungkap Lisa Pinsley, Direktur Africa Investments ACEI. "Nigeria adalah negara dengan populasi penduduk terbanyak di Afrika, dan sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia. Dengan jumlah populasi negara ini yang kini mencapai lebih dari 170 juta jiwa - ketujuh terbanyak di dunia - perkembangan ekonomi Nigeria mengalami kekurangan infrastruktur energi. PBB memperkirakan populasi rakyat  Nigeria akan mencapai 230 juta jiwa dalam 20 tahun, sehingga demi memenuhi kebutuhan rakyatnya, kebutuhan akan kapasitas pembangkit listrik meroket hingga 10 kali lipat menjadi 40.000MW. Azura adalah dan akan seterusnya menjadi pemain utama di dalam pengembangan kapasitas pembangkit listrik.

Bapak Sundeep Bahanda, pendiri bersama Amaya Capital Partners, sponsor utama Azura, dan Dr. David Ladipo, Direktur Pelaksana Azura, memberi pernyataan bersama: "Investasi dari ACEI akan memberi dampak trasnformatif yang signifikan terhadap bisnis kami dan tentunya mempercepat laju Azura untuk menjadi perusahaan pembangkit listrik multi aset yang terdepan. Pembangunan industri energi listrik Nigeria membutuhkan komitmen jangka panjang dari segala pihak. Bersama dengan ACEI, Pemerintah Federal Nigeria, pemerintah negara bagian, mitra-mitra, dan para penasihat kami, kami berkomitmen untuk membantu membangun industri energi listrik yang bermanfaat bagi rakyat Nigeria, dan yang pada akhirnya akan mempercepat pertumbuhan industri, ekonomi, dan kemakmuran Nigeria."

SEKILAS TENTANG AMERICAN CAPITAL ENERGY & INFRASTRUCTURE
American Capital Energy & Infrastructure berinvestasi di dalam aset infrastruktur energi global, yang mencakup pembangkit listrik, distribusi dan transmisi jaringan listrik, aset transportasi energi, pengembangan produksi bahan bakar, dan penyedia produk dan layanan yang bergerak di bidang energi. ACEI adalah bagian dari afiliasi manajemen aset American Capital, Ltd.'s (Nasdaq: ACAS) ("American Capital"), American Capital Asset Management, LLC. Untuk informasi lebih jauh, silakan kunjungi www.ACEI.com.

SEKILAS TENTANG AMERICAN CAPITAL
merupakan sebuah firma ekuitas swasta yang diperdagangkan secara umum dan pengelola aset global. American Capital, baik secara langsung maupun melalui unit usaha manajemen asetnya, membuka, menjamin, dan mengelola berbagai investasi pada ekuitas swasta pasar menengah, leveraged finance, real estate, energi, dan infrastruktur. American Capital mengelola aset sejumlah 20 miliar dolar, yang meliputi aset pada neraca keuangan dan aset aktiva produktif yang dikelola oleh pengelola afiliasi, dengan total aset yang dikelola sejumlah 117 miliar dolar (temasuk aset terbeli). Melalui sebuah afiliasi, American Capital mengelola American Capital Agency Corp. (Nasdaq: AGNC) yang diperdagangkan secara umum dengan nilai buku bersih mencapai sekitar 10 miliar dolar, dan American Capital Mortgage Investment Corp. (Nasdaq: MTGE) dengan nilai buku bersih mencapai sekitar 1 miliar dolar. Melalui delapan kantornya yang  tersebar di Amerika Serikat dan Eropa, American Capital dan afiliasinya, European Capital, mempertimbangkan pengadaan peluang investasi dari 10 juta dolar hingga 750 juta dolar. Untuk informasi lebih jauh, silakan kunjungi www.americancapital.com.

SEKILAS TENTANG AZURA POWER HOLDINGS LTD.

Dibentuk oleh Amaya Capital Partners, Azura adalah perusahaan pengembang berskala internasional dengan fokus pada pengembangan, konstruksi, akuisisi, dan pengoperasian pembangkit listrik di Nigeria dan Afrika Barat. Selain memanfaatkan modal dan keahlian dari Amaya dan sejumlah mitranya, Azura memanfaatkan proyek pembangunan dan kemampuan pendanaannya untuk mengembangkan dan mengakuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Independen berskala besar di Nigeria. Untuk informasi lebih jauh, silakan kunjungi www.azurawa.com.

SEKILAS TENTANG AMAYA CAPITAL PARTNERS
Dibentuk pada tahun 2009, Amaya adalah perusahaan pemodal yang berfokus terhadap sektor energi di Afrika Barat. Tidak seperti perusahaan ekuitas swasta sejenis, Amaya tidak mengelola dana pihak ketiga, tapi berinvestasi sebagai pendana utama mulai dari pembangunan tahap awal, dan secara pro aktif menggunakan modal, kemampuan, dan sumber dayanya yang berasal dari para pendiri dan mitra-mitranya. Lini bisnis Amaya berfokus pada sektor energi dan gas di Nigeria. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.amayacap.com.

Kontak: +1-443-214-7070
Paul Hanrahan, Chief Executive Officer
Richard Santoroski, Managing Director
Rajeev Garside, Vice President
Lisa Pinsley, Director, Africa Investments


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013