Saat ini sampah yang masuk ke TPA Cikudul sudah melebihi kapasitas
Sukabumi, Jabar, Jabar (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi mengandalkan keberadaan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) untuk mengurangi beban sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cikundul, Kecamatan Lembursitu, yang sudah kelebihan daya tampung.

"Saat ini sampah yang masuk ke TPA Cikudul sudah melebihi kapasitas, jika tidak dicarikan solusi maka akan menjadi bom waktu," kata Kepala DLH Kota Sukabumi Asep Irawan di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa.

Menurut Asep, saat ini produksi sampah yang masuk ke TPA Cikundul setiap harinya mencapai 180 hingga 200 ton yang mayoritas berasal dari sampah rumah tangga. Sementara untuk daya tampung hanya 9,5 hektare tetapi volume sampah mencapai 10,7 hektare.

Baca juga: Peneliti BRIN: Kerugian ekonomi akibat sampah bisa capai Rp250 triliun

Tentunya mengatasi permasalahan sampah ini menjadi fokus pihaknya, salah satunya dengan mengandalkan keberadaan TPS3R yang ada di Kota Sukabumi untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA.

Sebelum masuk ke TPA Cikundul, sampah akan dipilah terlebih dahulu di TPS3R dan sisanya baru dikirim ke TPA.

Dengan rincian sampah yang dikelola sebelum masuk ke TPA sebanyak 26 persen di TPS3R, sementara 73 persen dibuang ke TPA dan sisanya masih berada di tempat pembuangan sampah (TPS)

"Selama ini 90 persen sampah yang berasal dari rumah tangga, pasar dan lainnya masuk ke TPA, ke depan kami menginginkan sampah yang masuk ke TPA Cikundul hanya 50 persen saja dan 50 persen lagi dikelola atau didaur ulang," tambahnya.

Baca juga: Pulau Seribu optimalkan penanganan sampah pesisir di Marunda Kepu

Di sisi lain, Asep mengatakan untuk mengurangi beban TPA Cikundul, pihaknya sudah mengoperasikan TPA baru seluas sekitar satu hektare yang jaraknya tidak jauh dari TPA lama.

Sehingga sampah yang masuk ke TPA akan dibagi dua dengan demikian bisa mengurangi beban sampah di TPA lama.

Dari hasil perhitungan, TPA baru ini bisa bertahan dua sampai tiga tahun untuk mengatasi volume sampah di Kota Sukabumi.

Maka dari itu, TPS3R dan bank sampah sangat berperan untuk mengatasi masalah sampah ini. Selain mengurangi beban daya tampung sampah di TPA juga hasil daur ulang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Baca juga: Lentera Anak usulkan sampah puntung rokok masuk kategori limbah B3
Baca juga: BNPB: Sampah sumber awal terjadi bencana

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024