Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin memuji ikon anti-apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela sebagai tokoh HAM dunia.

"Saya harus menyatakan kesedihan yang mendalam atas kepergian beliau karena beliau adalah pejuang kemanusiaan sekaligus tokoh dunia, semoga arwahnya diberi tempat di sisi-Nya," kata Amir di Bengkulu, Jumat.

Amir, yang berada di Bengkulu untuk meresmikan 73 Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Pencanangan Persiapan Menuju Kabupaten Kota Peduli HAM Provinsi Bengkulu, menyebut Mandela sebagai salah satu figur penting di dunia.

"Saya kira kita tidak punya figur lain sepenting Nelson Mandela, dia adalah tokoh dunia bukan hanya tokoh Afrika," katanya.

Amir yakin perjuangan Mandela tidak akan pernah dilupakan oleh umat manusia.

Nelson Mandela meninggal dalam usia 95 tahun pada Kamis (5/12) malam waktu setempat setelah menjalani perawatan intensif selama tiga bulan karena infeksi paru.

Mandela terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan setelah 27 tahun mendekam di dalam penjara sebagai tahanan politik.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013