Persaingan globalisasi sekarang sesuai kecepatan teknologi sehingga keterampilan dan skill harus disesuaikan dengan zaman
Makassar (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merestui pembukaan Program Studi (Prodi) Spesialis Obstetri dan Ginekologi sertaObgyn pada Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

"Insyaallah tahun depan, Fakultas Kedokteran UMI membuka program studi baru yaitu Spesialis Ostetri dan ginekologi serta Obgyn," kata Rektor UMI Prof Dr Sufirman Rahman SH MH
pada Wisuda periode Pertama Tahun 2024, Jenjang Diploma, Sarjana Profesi, Magister dan Doktor di Makassar, Rabu.

Baca juga: Dokter: Aborsi ilegal bisa akibatkan pembusukan di dalam tubuh

Rektor mengatakan pembukaan prodi tersebut sebagai bagian dari komitmen UMI dalam menciptakan sumber daya manusia berdasarkan kebutuhan zaman.

"Hadirnya Prodi Spesialis Kandungan, merespon pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai bentuk pengabdian UMI untuk kemanusiaan dan keumatan," ujarnya

Untuk program beasiswa Kemenristek ini, kata dia, UMI terus memacu dalam memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik di dunia melalui Kantor Urusan internasional UMI.

Rektor UMI juga mengaku bersyukur pada tahun ini ada dua mahasiswa UMI yang lolos dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Pada 2023, UMI telah meloloskan empat mahasiswa program IISMA yakni Muhammad Rafli Idil (Mahasiswa Fak Ilmu kompter) melanjutkan pendidikan di Universty of Padua Italy, Astri Arsi Ismail (Mahasiswa Fakultas Sastra) melanjutkan pendidikan di Middle Eazt Technical Universty Turki.

Selain itu, Muh. Fathurrahman Ishaq,mahasiswa Fak.Hukum dan Muh Rafi Ramadhan, Mahasiswa Fak. Ekonomi dan Bisnis), melanjutkan pendidikan di Univeritas Malaya Malaysia.

Baca juga: Dinkes Bali gandeng Universitas Udayana atasi kekurangan dokter

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Andi Lukman menyampaikan, prosesi wisuda memberikan gambaran bahwa pengelola di UMI Makassar telah bekerja keras dan tuntas.

Adapun tantangan ke depan, kata dia, akan semakin ketat dengan kemajuan teknologi. Untuk itu diharapkan UMI terus melahirkan inovasi sehingga alumni UMI lebih mudah diserap dunia kerja.

"Persaingan globalisasi sekarang sesuai kecepatan teknologi sehingga keterampilan dan skill harus disesuaikan dengan zaman," urainya.

Adapun pelaksanaan wisuda pertama tahun 2024 dilaksanakan selama empat hari dengan total sebanyak 3.610 orang wisudawan.

Hari pertama atau 28 April 2024 sebanyak, 949 wisudawan, hari kedua, tanggal 29 April 2024 sebanyak 932 wisudawan, Hari Ketiga, tanggal 30 april 2024 sebanyak 947 wisudawan dan tanggal 1 Mei 2024 sebanyak 782 wisudawan.

Baca juga: Dinkes tugaskan dokter spesialis bergiliran ke puskesmas

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024