Makassar (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Andi Lukman mendorong setiap kampus memperkuat jaringan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah serapan lulusan di dunia kerja.

"Kita harap kampus terus fokus meningkatkan kualitas pendidikan dan perluas jaringan. Kembangkan jaringan-jaringan yang luas agar lulusan lebih mudah terserap dunia kerja," ujar Andi Lukman dalam sambutannya pada Wisuda Periode 2 Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Minggu.

Baca juga: LLDikti IX dorong UMI-Makassar raih akreditasi internasional

Ia menjelaskan, UMI salah satu kampus swasta yang layak menjadi contoh karena jumlah lulusan yang cukup besar telah terserap dalam dunia kerja.

"UMI dengan status Akreditasi Unggul menjadi salah satu bukti jika kualitas pendidikan sudah berada di jalur yang benar," katanya.

LLDikti Wilayah IX juga terus mendukung inovasi setiap kampus untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi mahasiswa guna mengembangkan wirausaha.

Baca juga: LLDIKTI IX ajak UMI bina kampus yang masih berjuang

Wakil Rektor V UMI Prof Dr HM Hattah Fattah mengatakan UMI sejak awal mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan antara lain dengan memberikan bimbingan teknis sebagai bekal memasuki dunia usaha.

Kehadiran bimbingan teknis ini, menurut dia, untuk mempersiapkan keluaran UMI agar lebih siap masuk ke dunia luar, khususnya menjadi seorang pengusaha.

“Kami ingin mendorong mahasiswa betul-betul menjadi pengusaha yang sukses,” katanya.

Baca juga: Universitas Muslim Indonesia raih Akreditasi Institusi Unggul LLDikti

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr Basri Modding mengatakan sebanyak 3.474 lulusan mengikuti acara wisuda selama tiga hari, 18-20 Agustus 2023.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023