Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat mengucurkan dana hibah sebanyak Rp4,8 miliar untuk mendanai penerimaan 700 orang dari total kuota penerimaan 1.000 Bintara Polri yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Papua Barat tahun 2024.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tersebut dilakukan Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere dan Kepala Polda Papua Barat Inspektur Jenderal Johnny Eddizon Isir di Manokwari, Kamis.

Baca juga: Pelamar rekrutmen Polri 2023 capai 154.007 peserta

Ali Baham mengatakan bahwa Papua Barat dan Papua Barat Daya mendapat tambahan kuota penerimaan Bintara Polri sebanyak 700 orang, sehingga pembiayaan atas penambahan tersebut dibebankan pada kedua pemerintah provinsi dimaksud.

"Dalam DIPA Polda itu hanya 300 orang yang dibiayai, jadi Papua Barat dan Papua Barat Daya tanggung biaya penambahannya," kata Ali Baham.

Baca juga: Polri pastikan penerimaan Akpol Tahun 2023 bebas dari calo

Gubernur mengapresiasi kebijakan Markas Besar Polri yang telah menyetujui usulan penambahan kuota penerimaan Bintara tahun 2024 bagi putra-putri asal Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Dukungan anggaran dari pemerintah daerah disesuaikan dengan animo generasi muda Papua yang berkeinginan menjadi anggota Polri, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Pengamat ungkap kejanggalan dibalik sanksi PTDH calo Bintara Polri

"Kita ketahui bersama bahwa rekrutmen anggota Polri juga bagian dari lapangan pekerjaan supaya mengurangi angka pengangguran," ucap Ali Baham.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi Ongky Isgunawan menjelaskan, penambahan kuota penerimaan Bintara jalur reguler berkaitan dengan pemenuhan distribusi anggota Polri pada daerah otonom baru (DOB), sekaligus rencana pembentukan Polda Papua Barat Daya dalam tahun ini.

Baca juga: Lima polisi calo penerimaan Bintara Polri 2022 dimutasi ke Luar Jawa

Jumlah personel Polda dan Polres jajaran masih mengalami kekurangan 7.175 orang dari daftar susunan personel (DSP) Polda tipe A sebanyak 15.376 orang, sehingga penambahan kuota akan memperkuat sumber daya personel Polri pada masa mendatang.

"Jumlah personel sekarang 8.201 orang atau baru terpenuhi 53,3 persen dari DSP yang Polda Papua Barat butuhkan," ucap Ongky.

Baca juga: Polri tegaskan penerimaan polisi tidak dipungut biaya
Baca juga: Polda Maluku utamakan peserta bintara Polri 2023 dari suku pedalaman

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024