Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen membungkam tuan rumah AS Roma 2-0 dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa di Stadio Olimpico pada Jumat dini hari WIB.

Florian Wirtz menciptakan gol pertama Leverkusen sebelum gol spektakuler Robert Andrich menyempurnakan kemenangan Leverkusen.

Kemenangan ini memperpanjang catatan tak terkalahkan skuad Xabi Alonso menjadi 47 pertandingan musim ini, demikian laman UEFA.

Leverkusen mencetak gol pertama pada menit ke-28. Berawal dari kesalahan Rick Karsdorp, bola direbut Alex Grimaldo. Dia kemudian mengumpan ke tengah kotak penalti yang  dituntaskan Wirtz untuk menaklukkan Svilar.

Usai jeda, Roma tampil lebih ganas agar bisa menyamakan kedudukan. Peluang didapat pada menit ke-56 ketika umpan Paulo Dybala disambar sundulan Bryan Cristante. Sayang, bola masih melebar dari gawang Kovar.

Leverkusen menggandakan keunggulan pada menit ke-73 melalui sepakan jarak jauh Andrich yang membuat Svilar tidak berkutik. Bola menjebol pojok kiri atas gawang dan skor berubah 2-0.

Baca juga: De Rossi percaya Roma masih berpeluang lolos Liga Champions

Marseille vs Atalanta imbang

Dalam pertandingan leg pertama semifinal lain, Marseille ditahan imbang 1-1 oleh tim tamu Atalanta di Orenge Velodrome pada Jumat.

Atalanta langsung membuat kejutan saat mencetak gol dalam waktu 11 menit. Koopmeiners menemukan celah dan mengirim umpan terobosan untuk Scamacca yang menendang bola masuk ke kiri bawah gawang.

Sembilan menit kemudian pada menit ke-20, Marseille menyamakan kedudukan.Menerima umpan Kondogbia, Mbemba melepaskan tembakan keras dari depan kotak penalti, bola sempat membentur tiang sebelum masuk gawang.

Skor 1-1 menutup babak pertama. Kedua kesebelasan tetap bermain menyerang selepas jeda istirahat, tetapi Atalanta lebih banyak mengancam.

Skor itu bertahan sampai laga selesai. Leg kedua diadakan pekan depan.

Baca juga: Xabi Alonso tak sabar kembali hadapi Roma di semifinal Liga Europa

Hasil leg pertama semifinal Liga Europa:

Marseille 1-1 Atalanta
(Chancel Mbemba 20'| Gianluca Scamacca 11')

AS Roma 0-2 Bayer Leverkusen
(Florian Wirtz 28'| Robert Andrich73')


Jadwal laga leg kedua semifinal, Jumat pukul 02.00 WIB (10/5):

Bayer Leverkusen - AS Roma
Atalanta - Marseille

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024