Pemilihan Rektor tersebut secara tertutup di ruang senat lantai 14 kampus setempat
Makassar (ANTARA) - Prof Karta Jayadi akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2024-2028 dalam pemilihan putaran kedua yang berlangsung dramatis di Menara Pinisi lantai 14 Kampus UNM Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Wakil Rektor II UNM ini mendapatkan 54 suara, sementara dua rivalnya yakni Prof Hasmyati kini menjabat Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) memperoleh 44 suara dan Prof Hasnawi Haris 0 suara dengan total 98 suara.

Pemilihan Rektor tersebut secara tertutup di ruang senat lantai 14 kampus setempat, hadir sejumlah anggota senat untuk memilih pilihannya termasuk Rektor UNM Prof Husain Syam yang masa jabatannya habis pada 17 Mei 2024.

Sebelumnya, pemilihan putaran pertama diikuti lima calon Rektor UNM maju bertarung pada 3 Maret 2024 yakni nomor urut 1 Prof Hasnawi Haris meraih empat suara, nomor urut dua Prof M Ichsan Ali mendapatkan tiga suara.

Nomor urut tiga Prof Eko Hadi Sujiono hanya meraih satu suara. Sedangkan nomor urut empat Prof Karta Jayadi meraih lima suara, sementara nomor urut lima Prof Hasmyati menang telak dengan mendapatkan 51 suara dari total 64 suara senat.

Baca juga: Rektor UNM tidak tolerir pihak yang cederai pelaksanaan UTBK-SNBT

Namun hasilnya dipersoalkan salah satu kandidat Ichsan Ali yang menduga ada kecurangan dalam proses itu, sehingga melaporkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) bahkan upaya itu didukung Prof Karta Jayadi. Selanjutnya, Kemendikbudristek menurunkan tim menelusuri dugaan kecurangan tersebut.
Seorang jurnalis melintas di papan skor hasil Pemilihan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) putaran kedua di Menara Pinisi Lantai 14, Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (3/5/2024). ANTARA/Darwin Fatir.

Dari hasil penelusuran dan investigasi, tim Kemendikbudristek merekomendasikan pemilihan ulang. Pada 4 April 2024, pemilihan Rektor UNM kembali digelar, Prof Hasmayati kembali berhasil mendulang 40 suara, disusul Prof Karta Jayadi 14 suara, dan Prof Hasnawi Haris lima suara.

Sedangkan Prof Ichsan Ali meraih tiga suara dan Prof Eko Hadi Sujioni meraih satu suara dari total 64 suara senat. Dari hasil itu, hanya tiga calon yang dinyatakan lolos di putaran kedua yakni Prof Hasmyati, Prof Karta Jayadi dan Prof Hasnawi Haris.

Hasil putaran kedua pada 3 Mei 2024, Prof Karta Jayadi sebagai mantan Dekan dan Guru Besar Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM memperoleh 54 suara, sementara rival terkuatnya Prof Hasmyati menjabat Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) memperoleh 44 suara dan Prof Hasnawi Haris 0 suara. Totalnya 98 suara termasuk 64 suara senat dan 34 suara dari Kemendikbudristek atau alokasi 35 persen suara Pilrek UNM.

Baca juga: DPR dan Rektor UNM serahkan 157 beasiswa KIP kuliah tahun 2023

Rektor UNM terpilih Prof Karta Jayadi usai pemilihan saat ditanya wartawan mengenai hasil yang mengejutkan berbagai pihak itu hanya mengatakan pemilihan rektor ini merupakan bagian dari pembelajaran bersama.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain Syam menyampaikan hasil pemilihan Rektor UNM tersebut telah selesai dan hasilnya adalah yang terbaik.

Ia pun menyampaikan kepada rektor terpilih untuk melanjutkan kepemimpinan yang lebih baik. Mengingat dalam Waktu dekat UNM akan bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN-BH.

"Saya berharap agar prinsip kerja digunakan harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih dari ini. Artinya, ke depan mesti lebih baik. Sebagai rektor posisi saya netral dalam pemilihan ini, walaupun secara pribadi saya juga memiliki calon," paparnya kepada wartawan.

Baca juga: UNM klarifikasi tuduhan fitnah dugaan pungli rekrutmen CPNS

Baca juga: Rektor UNM sambut kerja sama musisi country Amerika
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024