Arahan dari Bapak Presiden supaya penanganan pengungsi harus dilakukan sebaik-baiknya, tidak ada satu pun pengungsi yang terlantar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memastikan tidak ada pengungsi erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut) yang terlantar.

"Arahan dari Bapak Presiden supaya penanganan pengungsi harus dilakukan sebaik-baiknya, tidak ada satu pun pengungsi yang terlantar," kata Menko PMK Muhadjir Effendy usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi membahas penanganan pengungsi erupsi Gunung Ruang di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi juga meminta dilakukan langkah-langkah cepat untuk mengatasi agar ada penyelesaian permanen terkait erupsi Gunung Ruang.

Baca juga: Erupsi Gunung Ruang dan kesigapan evakuasi para pengungsi

Menurut Menko Muhadjir, Presiden Jokowi menyetujui seluruh penduduk yang ada di Pulau Ruang yang jumlahnya mencapai 301 kepala keluarga untuk direlokasi.

"Relokasinya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan lahannya akan disediakan Bapak Gubernur dan tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan Kepada Menteri ATR dan Kementerian LHK untuk menyediakan juga lahan untuk pertanian dan perkebunan untuk mereka," kata Menko Muhadjir Effendy.

Terkait pembangunan perumahan permanen di Bolaang Mongondow Selatan, Presiden Jokowi, kata dia, juga sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan pembangunan yang sesuai dengan standar dari kebencanaan, dimana dananya akan diambil dari dana siap pakai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Erupsi Gunung Ruang lebih besar, warga Tagulandang diminta mengungsi

Adapun untuk mengantisipasi persoalan sosial yang mungkin muncul akibat relokasi, pemerintah memastikan bahwa titik relokasi di Bolaang Mongondow Selatan secara tipologi memiliki kemiripan dengan lingkungan Gunung Ruang.

"Jadi di situ juga daerah nelayan, tapi tadi bapak Presiden juga sudah menginstruksikan adanya penambahan lahan untuk perkebunan dan pertanian," jelas Menko Muhadjir Effenndy.

Baca juga: BNPB siap pasok sayur dan buah segar untuk korban erupsi Gunung Ruang


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024